Home » Techno » Kamera Termal Dapat Menguak Sandi Dengan Melihat Jejak Panas Sidik Jari

Kamera Termal Dapat Menguak Sandi Dengan Melihat Jejak Panas Sidik Jari



California – Smartphone yang terkunci dengan password (kata sandi) tak sepenuhnya diklaim aman. Penelitian terbaru mengungkap, kamera termal ternyata dapat menguak kata sandi pengguna dengan melihat jejak panas sidik jari yang tertinggal di layar.

kamera Termal Dapat Menguak Kata Sandi Dengan Melihat Jejak Panas Sidik Jari

Jejak panas sidik jari

Dilansir dari Mirror, Minggu (12/3/2017), penelitian yang diadakan sekelompok ilmuwan di Stuttgart University tersebut menjelaskan, jejak panas yang tertera di layar smartphone merupakan sidik jari pengguna saat mereka tengah mengetik kata sandi di perangkat.

Baca juga : Pihak Google Sudah Menambal Celah Keamanan

“Jejak tersebut bisa dilihat jelas dengan kamera termal, bahkan bisa bertahan hingga 30 detik setelah perangkat tersebut terakhir disentuh,” tulis peneliti.

Bahayanya lagi, pengguna yang cuma memiliki kata sandi empat digit lebih mudah diintai karena, pihak tak bertanggung jawab yang menggunakan kamera termal lebih gampang melihat jejak panas sidik jari dalam empat titik di layar.

Lantas, bagaimana mereka bisa mengetahui kombinasi angka empat digit, sehingga bisa mencari kata sandi sebenarnya? Mereka ternyata bisa memanfaatkan suhu sidik jari pengguna.

“Mereka menggunakan peranti lunak yang mengubah warna gambar dan melihat suhu panas sidik jari si pengguna. Yang paling panas itu biasanya baru, dan yang sudah tidak panas itu yang lama ditekan,” pungkas peneliti.

(bens – sisidunia.com)