Home » Otomotif » Mahasiswa ITN Membangun Mobil Konsep Bertenaga Honda Supra X 125cc

Mahasiswa ITN Membangun Mobil Konsep Bertenaga Honda Supra X 125cc



Jakarta- Mahasiswa dari Institut Teknologi Nasional (ITN), Malang mengikuti kontes mobil hemat energi, Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2017 yang akan berlangsung di Singapura pada 16–19 Maret. Pada kontes tersbeut, tim mahasiswa dari ITN membawa satu mobil konsep yang diberi julukan Uber Allies Racing Gasoline Urban Vehicle (U.A.R.T G-UV).

Mahasiswa ITN Membangun Mobil Konsep Bertenaga Honda Supra X 125cc

Sebagai pendatang baru dalam tim SEMA Indonesia, Annisatul Karimah, manager tim UARTG-UV mengaku masih harus banyak belajar dari tim lain yang sudah lebih berpengalaman di ajang yang sama.

Baca juga : Inilah Tiga Motor yang Dipakai Kesatria Baja Hitam di Dunia Nyata

“Kami baru mulai membangun mobil setelah proses pendaftaran SEM Asia 2017 pada tahun 2016 lalu dan mobil ini baru selesai Februari 2017. Kami belum fokus kepada target jarak, tapi lebih fokus pada bagaimana mobil ini bisa melaju dengan baik saat di Singapura nanti,” ucap Annisatul.

Mobil U.A.R.T G-UV akan dilombakan dalam kategori Urban Concept. Pasalnya, mobil dengan panjang 2.200 milimeter ini memiliki empat roda dan pengemudi di kabin duduk layaknya mengendarai {city car}. Sumber tenaganya berasal dari mesin sepeda motor yang diadopsi dari Honda Supra X berkapasitas 125 cc. Mesin yang ditanamkan sudah melalui tahap modifikasi sehingga jauh dari standar.

Tak hanya itu, jenis bahan bakar yang digunakan adalah bensin.

“Saat dilakukan tes belum lama ini di lintasan seputar kampus, mobil ini bisa melaju sebanyak tujuh putaran untuk lintasan sepanjang 900 meter atau sekira 6,3 km/liter,” terang Annisatul.

Sebelumnya tim ITN selalu berkonsentrasi untuk merancang mobil berbahan bakar bensin kategori prototipe.

“Sejak awal kami memang memilih untuk membuat konsep mobil prototipe berbahan bakar {gasoline}. Mobil baru ini memiliki ide dan gagasan dari pengalaman kami membuat prototipe {gasoline} sejak 2014. Kami harapkan mobil ini bisa memberikan hasil yang maksimal di ajang SEM Asia 2017 di Singapura nanti,” pungkas dia.

(bens – sisidunia.com)