Home » News » 20 Warga Sipil Menjadi Korban Akibat Serangan Koalisi Arab Saudi di Yaman

20 Warga Sipil Menjadi Korban Akibat Serangan Koalisi Arab Saudi di Yaman



Aden – Pada hari sabtu (11/03/2017), sebuah pasar di Yaman mendapat serangan udara yang dipimpin oleh koalisi Arab Saudi. Akibatnya, bangunan pasar hancur dan sebanyak 20 orang warga sipil serta 6 orang pemberontak tewas ditempat.

20 Warga Sipil Menjadi Korban Akibat Serangan Koalisi Arab Saudi di Yaman

Ilustrasi

Berdasarkan informasi yang didapat dari AFP, kabar ini didapat dari petugas medis dan sumber militer. Serangan itu menargetkan pemberontak yang berada di batas selatan dari Laut Merah, pelabuhan Khokha. Namun jet-jet tempur kemudian meluncur ke pasar dan melepaskan serangannya.

Serangan itu dilancarkan di pintu masuk ke pasar yang menjual daun khat, jenis bahan narkotika. Khat disebut AFP sangat populer di kalangan pria Yaman.

Sumber militer yang dekat dengan Presiden Abedrabbo Mansour Hadi, pemimpin yang disokong Saudi, mengatakan para pemberontak menggunakan warga sipil sebagai tameng hidup.

Saluran televisi Al Masirah melaporkan serangan udara itu menewaskan 27 orang dan belasan orang terluka. Al Masirah merupakan televisi milik pemberontak.

Baca juga : Kisah Asyifa Yang Ingin Bertemu Dengan Ayahnya

Koalisi Saudi sedang bertempur dengan pemberontak Syiah Houthi yang melawan Presiden Hadi. Pihak Houthi belum memberikan pernyataan terkait hal ini.

Seperti yang diketahui, Arab Saudi dan koalisinya perang dengan pemberontak Syiah Houthi semenjak bulan Maret 2015. Perang keduanya bermula ketika Abdu Rabbuh Mansur Hadi, mantan Presiden yang sudah mengundurkan diri, melarikan diri ke Arab Saudi.

Perang kedua negara tersebut berimbas pada hancurnya infrastruktur sipil dan perumahan warga Yaman. Lebih dari 11.000 Warga Yaman termasuk wanita dan anak-anak tewas akibat serangan , sedangkan jutaan anak juga mengalami kekurangan gizi akut akibat blokade yang dipaksakan Saudi dan sekutunya ke negara miskin tersebut.
(Muspri-sisidunia.com)