Home » Techno » CIA Ternyata Juga Melakukan Peretasan Dengan Tujuan Mata-mata

CIA Ternyata Juga Melakukan Peretasan Dengan Tujuan Mata-mata



Jakarta – Ternyata bukan hanya NSA yang melakukakn peretasan dengan tujuan menata-matai. Belum lama ini, Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) juga melakukan hal serupa.

CIA Ternyata Juga Melakukan Peretasan Dengan Tujuan Mata-mata

Gambar ilustrasi

Hal tersebut terungkap dari Wikileaks. Situs pembocor rahasia tersebut mengungkap istilah peretasan yang dilakukan CIA dengan nama Valut 7. Lantas, bagaimana badan intelijen tersebut meretas pengguna Android dan iOS?

Baca juga : RNI Gandeng LIPI Kembangkan Alat Diagnosa Kanker Payudara

Berdasarkan penjabaran Wikileaks, CIA menggunakan alat peretasan dengan sebuah software yang dibuat oleh Engineering Development Group (EDG) yang merupakan grup dari Central for Cyber Intelligence (CCI).

CIA meretas smartphone melalui sistem jarak jauh dan mengontrol produk bermerek populer. Ponsel yang telah terinfeksi dapat diatur untuk mengirimkan informasi berupa geolokasi, audio, dan teks komunikasi kepada CIA.

Selain itu, CIA meretas kamera dan mikrofon yang aktif. Peretasan itu terjadi dalam periode akhir 2015 atau awal 2016. Tak hanya melalui sistem perangkat, peretasan juga dilakukan melalui peramban populer.

Tiga peramban yang menjadi sasaran peretasan CIA adalah Chrome, Opera, dan peramban milik Samsung. Mereka bahkan bisa masuk ke sistem keamanan milik iPhone, termasuk sandbox yang membatasi akses.

Namun, baik Google maupun Apple kini telah memberikan pengumuman bahwa sistem keamanannya telah diperbaiki menjadi lebih aman. (bens – sisidunia.com)