Home » News » Jon Huntsman Dipilih Presiden Trump Jadi Dubes AS Untuk Rusia ?

Jon Huntsman Dipilih Presiden Trump Jadi Dubes AS Untuk Rusia ?



Los Angeles – Sejumlah pejabat pemerintahan senior melaporkan mantan gubernur Utah sekaligus kandidat presiden Partai Republik dalam pemilu 2012 lalu, Jon Huntsman, telah menerima tawaran Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjadi duta besar untuk Rusia.

Jon Huntsman Dipilih Presiden Trump Jadi Dubes AS Untuk Rusia ?

Jon Huntsman

Laporan tersebut diterima hari ini, kamis (09/03/2017), dan bila kabar tersebut sudah terkonfirmasi kebenarannya maka Huntsman bakal jadi diplomat AS yang paling menarik banyak perhatian dunia saat ini.

Alasannya, dia akan menjalankan tugas sebagai perwakilan di negara besar yang kerap berselisih paham dengan Amerika beberapa tahun belakangan ini. Huntsman juga akan mengisi pos itu di tengah pertanyaan soal kedekatan pemerintah Trump dengan intelijen Rusia.

Belum lagi, isu turut campur pemerintahan Vladimir Putin untuk memenangkan Trump dalam pemilihan umum 2016 juga masih hangat terdengar di Negeri Paman Sam.

Baca juga : Menlu AS Pilihan Presiden Trump Berpotensi Memicu Konfrontasi Serius dengan China

Ini akan jadi kali ketiganya Huntsman mengisi jabatan sebagai Duta Besar untuk AS. Sebelumnya, dia bertugas sebagai perwakilan untuk Singapura dan China.

Penunjukan Huntsman dilakukan dua pekan setelah namanya mencuat sebagai calon potensial untuk mengisi posisi diplomat teratas AS.

Seorang pejabat pemerintahan menyebut Huntsman dipilih karena dia adalah “orang yang pintar,” “kuat” dan mengerti keinginan Trump.
(Muspri-sisidunia.com)