Home » Hiburan » Hari Musik Nasional, Bimbo Hingga Raisa Datang Ke Istana Bertemu Dengan Jokowi

Hari Musik Nasional, Bimbo Hingga Raisa Datang Ke Istana Bertemu Dengan Jokowi



Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Munas VII PAPPRI dan memperingati Hari Musik Nasional Tahun 2017 di Istana Negara, Jakarta. Dalam kesempatan ini, Jokowi sempat memberikan kuis berhadiah sepeda kepada para musisi yang hadir.

Hari Musik Nasional, Bimbo Hingga Raisa Datang Ke Istana Bertemu Dengan Jokowi

Presiden RI Joko Widodo

Kegiatan tersebut berlangsung di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2017). Hadir dalam acara ini sekitar 200 orang seniman Tanah Air lintas generasi yang tergabung dalam Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI).

Baca juga : Gara-gara Nonton Jakarta Undercover, Ahok Jadi Tahu Modus Baru Pesta di Rumah Mewah

“Saya senang sekali hari ini karena hadir artis-artis, seniman-seniman musik, dan penyanyi yang saat saya kecil, yang waktu saya muda, hampir semuanya saya kenal,” ujar Jokowi saat mengawali sambutannya.

Jokowi menyampaikan sambutannya dengan santai. Sesekali dia juga melemparkan candaan dan membuat suasana jadi santai dan cair.

“Saya ini setiap hari, setiap pagi 50 menit dengarin musik, malam 50 menit dengarin musik. Iya, dengarin di mobil saat berangkat dari Bogor ke Jakarta dan pulang dari Jakarta ke Bogor,” kata Jokowi yang disambut tawa para hadirin.

“Melalui musik, kebenaran bisa disampaikan secara apa adanya. Ini yang saya senang. Masuk ke dalam hati dan pikiran kita semuanya,” tambah Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan harapannya terkait musik di Tanah Air. Jokowi ingin agar musik lokal mampu mendominasi di negeri sendiri.

“Kita semua ingin, pemerintah ingin, agar musik Indonesia mendominasi semua tempat, semua ruang, semua kalangan yang ada di Tanah Air kita. Bukan musik-musik dari Barat atau negara lain. Inilah yang terus kita upayakan agar betul-betul menjadi tuan rumah dan mendominasi di negara sendiri,” ucapnya.

Dalam sambutannya ini, Jokowi mengundang para seniman untuk maju menjawab pertanyaan darinya. Bagi yang bisa menjawab, akan mendapatkan sepeda dari Presiden Jokowi.

“Tapi kan biasanya yang saya kasih sepeda, tapi tadi Istana belum siap. Ya sudah kalau tidak ada tidak apa, tapi nanti ini ditukar dengan sepeda. Saya bawa kartu nama, nanti ditukar dengan sepeda di Istana,” kata Jokowi sambil menunjukkan kartu nama yang diambil dari kantong kemejanya.

Jokowi meminta para musisi menyebutkan nama-nama lagu daerah. Beberapa musisi tunjuk tangan, namun pilihan Jokowi jatuh ke musisi Ita Purnamasari.

Ita pun maju dan berhasil menyebutkan lima nama-nama lagu daerah dengan lancar. Jokowi menepati janjinya untuk memberikan sepeda dengan cara menukarkan kartu nama darinya

Namun, sebelum kembali ke tempat duduknya, Jokowi meminta Ita menyanyikan satu buah lagu daerah. “Sebelum kembali ke tempat, nyanyi lagu daerah satu. Masa hanya menyebutkan aja,” kata Jokowi.

Mendengar hal tersebut, personel grup vokal Tiga Dara pun menyanyikan lagu Lir Ilir dari Jawa Tengah. Istana pun berubah menjadi panggung unjuk kebolehan para musisi.

Setelah Ita, beberapa musisi lain juga diminta maju ke hadapan Presiden. Kali ini giliran Andre Hehanussa. Penyanyi kelahiran Makassar ini diminta untuk menyebutkan 6 nama suku yang ada di Indonesia.

Pertanyaan itu berhasil dijawab Andre. Sebelum dia kembali, Andre menyanyikan sebuah lagu berjudul Widuri, Saat menyanyikan itu, pencipta lagu Widuri maju ke depan dan bernyanyi bersama.

“Saya ingat waktu SMP kalau disuruh nyanyi, pasti lagu Widuri ini yang saya nyanyikan,” kata Jokowi.

Tak berhenti di situ, Jokowi kemudian meminta grup musik Bimbo untuk maju ke depan. Tiga bersaudara Sam Bimbo, Acil Bimbo, dan juga Jaka Bimbo maju dan berdiri di samping Jokowi. Jokowi meminta mereka untuk menyanyikan sebuah lagu.

“Kebetulan saya bawa flashdisk, isi lagu, jadi bisa sekalian diputarkan ya Pak,” kata Sam Bimbo kepada Jokowi.

Grup musik Bimbo pun menyanyikan lagu Sajadah Panjang. Suasana hening seketika saat lagu tersebut dimainkan. Jokowi tampak serius mengamati Sam Bimbo dan saudaranya melafalkan lirik lagu tersebut.

Jokowi kemudian meminta perwakilan musisi generasi muda. Adalah penyanyi Raisa Andriana yang dipanggil Jokowi untuk maju. Raisa yang duduk di bagian belakang, kemudian maju. Dengan mengenakan gaun warna merah muda, Raisa kemudian berdiri di sebelah kiri Jokowi.

“Coba nanyikan satu lagu, terserah,m” pinta Jokowi ke Raisa.

Raisa kemudian menyanyikan lagu nasional “Indonesia Pusaka”. Lagu tersebut berhasil dinyanyikan dengan indah oleh Raisa.

Setelah bernyanyi, Raisa menyampaikan harapannya bagi perkembangan musik di Tanah Air. Dia berharap agar musik Indonesia mampu menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.

“Harapannya sebenarnya sama seperti Bapak Presiden, musik Indonesia dapat merajai Indonesia. Tapi sekarang sudah dapat dilihat dari konser-konser musisi lokal yang semua habis terjual,” ujar Raisa.

“Jadi dapat sepeda kan, Pak?” kata Raisa sesaat sebelum kembali duduk.

“Iya, nanti dikirim. Asal alamatnya jelas, nanti pasti dikirim,” jawab Jokowi.