Home » News » Peringatan Hari Perempuan Sedunia, Peran Perempuan Dalam Berdemokrasi

Peringatan Hari Perempuan Sedunia, Peran Perempuan Dalam Berdemokrasi



Jakarta – Peringatan Hari Perempuan Sedunia yang tepat pada tanggal 8 Maret 2017 menjadi momentum penting bagi PDI Perjuangan (PDIP) untuk menegaskan kembali komitmen untuk memperkuat peran perempuan dalam pembangunan nasional di berbagai bidang, khususnya dalam berdemokrasi.

Peringatan Hari Perempuan International, Peran Perempuan Dalam Berdemokrasi

Hari perempuan sedunia

Ketua DPP PDIP Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak, Sri Rahayu mengatakan, partainya konsisten mengambil langkah strategis mendorong kesetaraan gender. Menurut dia, komitmen itu sudah dibuktikan PDIP dengan meningkatkan partisipasi politik perempuan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).

Baca juga : 12 Orang yang Diduga Terlibat Tawuran Manggarai Ditangkap Polisi

“Sebagai partai yang lahir dari rahim perjuangan rakyat, PDIP ada di garda terdepan dalam mengawal partisipasi aktif perempuan, termasuk dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017,” tutur Sri Rahayu di Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Dia mengatakan, hasil konkret PDIP terlihat dalam Pilkada serentak 2017 di 101 daerah. Pilkada yang digelar serentak pada15 Februari lalu itu juga diikuti 45 perempuan calon kepala dan calon wakil kepala daerah. Dari jumlah itu, 13 di antaranya terpilih menjadi kepala daerah.

Tujuh di antaranya diusung PDIP, yakni dua calon wali kota, tiga calon bupati, satu calon wakil wali kota, satu calon wakil bupati yang diusung PDIP hasil berkoalisi dengan partai lain.

“Kami bersyukur telah mampu mengantarkan para kader perempuan ke tampuk kekuasaan daerah untuk berjuang di pemerintahan. Keyakinan partai bahwa pilkada adalah wahana dan bukti pembelajaran bersama rakyat dan pemimpin. Proses merebut kekuasaan melalui cara konstitusional, sesuai prosedur, jujur, adil dan membanggakan,” tuturnya.

(bens – sisidunia.com)