Home » News » Dede Yusuf Buat Buku Kupas Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia

Dede Yusuf Buat Buku Kupas Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia



Bandung – Anggota Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf, meluncurkan buku karyanya berjudul Bersaing Atau Tenggelam di Toko Buku Gramedia, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Senin (6/3/2017).

Dede Yusuf Buat Buku Kupas Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia

Dede Yusuf

Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat ini menjelaskan, buku berjudul Bersaing Atau Tenggelam ini mengupas permasalahan terkait ketenagakerjaan di Indonesia sesuai pengalamannya berkecimpung di Komisi IX.

“Buku ini (dirangkum) dari pertemuan saya dengan pemerintah dan stakeholder selama di DPR, selama menjadi Wagub Jawa Barat. Saya ingin ceritakan tetapi mungkin tidak semua mau mendengar, oleh karena itu saya berpikir kenapa tidak dibukukan saja? Saya coba bukukan ini dengan cara dan gagasan-gagasan pemikrin saya,” tuturnya, Senin malam.

Dede menambahkan, buku ini cocok sekali menjadi bahan pengetahuan bagi orang-orang yang baru selesai sekolah dan akan mencari kerja.

“Ada teori yang saya tawarkan kepada publik dalam buku ini,” sebutnya.

Buku tersebut memberikan tips-tips mencari kerja serta bagaimana mempersiapkan diri menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Baca juga : Dinsos Indramayu Tangani Gadis ABG Yang Dipekerjakan Sebagai Terapis di Bali

“Buku ini menjadi bacaan menarik bagi semua orang, utamanya bagi pencari kerja yang mau kerja atau yang mungkin melihat era MEA menjadi sebuah wilayah yang perlu dipersiapkan. Buku ini akan mengulas soal itu. Untuk mencari kerja tentu bermanfaat,” ungkapnya.

Buku itu, lanjut Dede, juga akan membuka mata masyarakat jika keinginan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) bukan lagi sebuah pekerjaan yang menjanjikan.

“Kegelisahan berawal keliling indonesia umumnya mayoritas pemuda mau jadi apa inginnya jadi PNS seperti kita tahu moratorium PNS kuota diperkecil. Di luar di sana peluang kerja terbuka begitu beSar tapi enggak ada yang tahu,” tuturnya.

Dede mengaku buku tersebut terinspirasi dari lagu Sore Tugu Pancoran karya Virgiawan Listanto alias Iwan Fals.

“Mencoba mencari dalam lagu apa yang menjelaskan bagaimana angkatan muda lebih memilih bekerja ketimbang sekolah, saya ambil dari si Budi kecil saja,” ucapnya.
(Muspri-sisidunia.com)