Home » Gaya Hidup » Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata

Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata



Jakarta – Jika Anda kelelahan bisa membuat penampilan wajah yang kusam, terlebih lagi di area bawah mata yang tampak menggelap. Penampilan dapat terganggu lantaran hadirnya kantong mata dan lingkaran hitam di bawah mata. Berikut merupakan cara mudah dan murah untuk mengatasi area menggelap di bawah mata.

Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata

Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata

1. Ketahui Penyebabnya

Pertama, Anda harus mengetahui penyebabnya lebih dulu. Dengan begitu akan membantu untuk mengetahui apa yang menyebabkan lingkaran di bawah mata Anda. Setelah tahu penyebabnya, akan lebih mudah untuk menemukan solusi yang tepat. “Penyebab yang paling umum lingkaran di bawah mata adalah bantalan lemak yang menonjol dan biasanya dimiliki karena genetika,” ujar Dr. Brett Kotlus, MD, seperti dikutip dari The List. Cobalah lihat orangtua atau kakek-nenek Anda. Jika mereka memiliki bantalan lemak, maka biasanya turunannya pun memiliki kantung mata tersebut.

2. Usia Bisa Jadi Faktor

Lingkaran di bawah mata bisa memburuk seiring bertambahnya usia. Dengan bertambahnya usia, kita kehilangan lemak di wajah. Ketika itu terjadi, bantalan lemak di bawah mata dapat terlihat lebih jelas dan membuat bagian tersebut terlihat lebih lelah.

3. Fokus pada Pencegahan

Para ahli dan kesehatan setuju bahwa cara terbaik untuk mencegah lingkaran di bawah mata yaitu secara konsisten menggunakan krim mata. Sebuah krim mata yang baik dapat memberikan nutrisi kulit dan kelembapan yang dibutuhkan untuk mempertahankan elastisitasnya. Selain itu pastikan juga untuk mendapatkan banyak istirahat dan minum banyak air.

4. Tidur

Jika lingkar hitam pada mata karena kurang tidur, cara yang cukup efektif adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup. Kurang tidur menyebabkan kulit menjadi pucat dan memperlambat sirkulasi darah. Ketika tidur, cobalah untuk menambah bantal anda dua kali lipat.

5. Cuci Muka Sebelum Tidur

Sebelum tidur setiap malam, pastikan untuk mencuci muka dengan pembersih yang lembut. Ini adalah salah satu cara agar wajah bersih dan sisa makeup tidak menumpuk. Jika tidak menghapus makeup, maka sel kulit mati menumpuk dan wajah bisa terlihat kusam sehingga tampak wajah yang lelah.

6. Lindungi Kulit dari Matahari

Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari membantu mencegah lingkaran di bawah mata. Pemakaian tabir surya akan membantu mencegah pigmen yang dapat disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari dan membantu kulit tetap kuat.

7. Berinvestasi pada Concealer yang Baik

Menggunakan concealer yang baik adalah cara cepat dan mudah untuk menutupi lingkaran hitam. Makeup artis dan blogger kecantikan Hillary Kline menganggap concealer sebagai strategi nomor satu untuk menyingkirkan lingkaran di bawah mata dengan cepat. Jika lingkaran di bawah mata anda memiliki rona ungu, cobalah concealer kuning. Jika lingkaran yang lebih merah, coba untuk concealer kehijauan. Jika lingkaran di bawah mata memiliki rona biru yang terbaik ditutupi oleh concealer peach.

8. Timun

Cara lain untuk mengurangi bengkak dan lingkaran hitam di mata adalah dengan menempatkan mentimun dingin pada mata Anda atau memercikkan air dingin di wajah Anda. Meski tak langsung bisa hilang, namun bengkak akan berkurang sehingga lingkar hitam tidak terlalu menonjol.

9. Tarik Perhatian dengan Eyeshadow yang tepat

Alihkan perhatian orang dari lingkaran di bawah mata dengan eyeshadow yang terang. Kline merekomendasikan dengan eyeliner putih tebal dan menerapkannya ke sudut-sudut bagian dalam mata Anda. “Dengan melakukan ini Anda akan memberikan ilusi mata menjadi lebih besar dan lebar,” ungkapnya. Selain itu untuk menghilangkan lingkaran merah, Falcon merekomendasikan untuk menempel dengan warna-warna dingin. Masuk ke eyeliner pensil hitam ke biru tua.

(bens – sisidunia.com)