Home » News » 74 Desa di Kalimantan Barat Belum Menikmati Listrik

74 Desa di Kalimantan Barat Belum Menikmati Listrik



Melawi – Hingga saat ini masih banyak daerah pedesaan di Kalimantan Barat (Kalbar) yang belum menikmati pelayanan listrik dari PLN. Bagi warga yang mampu, mereka biasaya membeli mesin genset untuk penerangan. Selain itu, ada juga warga yang hanya menggunakan listrik setengah hari yaitu pada malam hari. Artinya, sedangkan pada siang hari dipadamkan.

74 Desa di Kalimantan Barat Belum Menikmati Listrik

74 Desa di Kalimantan Barat Belum Menikmati Listrik

Seperti yang ada di 74 desa di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Desa yang belum dialiri listrik mayoritas berada di Kecamatan Menukung. Dari 19 desa, baru satu yang sudah menikmati listrik.

Ironisnya, listrik belum masuk di Desa Menukung Kota yang merupakan ibu kota Kecamatan Menukung. Sedangkan di kecamatan lain rata-rata dua desa sudah dialiri listrik.

“Berdasarkan hasil pendataan yang kami lakukan dari tahun 2015 hingga sekarang,” ungkap Ketua Komunitas Masyarakat Peduli Kelistrikan (KOMPAK) Melawi Abdi Amri, Sabtu (04/03/2017).

Menurut Amri, walaupun nama desa masuk dalam daftar desa yang berlistrik, tapi data tersebut tidak termasuk dusun. Sebab, rata-rata masih ada satu hingga tiga desa yang gelap gulita.

“Bahkan rata-rata hanya pusat desa yang sudah ada listriknya,” ucapnya.

Dia menambahkan, masih banyak desa yang harus diperjuangkan.

Baca juga : Warga Pekanbaru Terancam Tak Bisa Menikmati Listrik Saat Natal

“Selain untuk membantu masyarakat yang desanya belum dimasuki listrik, peran dari KOMPAK juga akan membantu PLN,” ungkap Amri.

Sementara itu, anggota DPRD Melawi asal Kecamatan Menukung Mulyadi mengaku prihatin dengan keadaan itu.

“Kami berharap, ini perlu menjadi perhatian PLN dan pemkab ke depan,” ujarnya.

Dia berharap, ada pemerataan ketika jaringan listrik dibangun.

“Bila perlu prioritaskan program pembangunan jaringan listrik di kecamatan yang baru sedikit dimasuki listrik, seperti di Kecamatan Menukung,” tegasnya.
(Muspri-sisidunia.com)