Home » Sport » Status Kesiapan GOR Pangkal Pinang Jelang Seri 2 Kejuaraan MXGP 2017

Status Kesiapan GOR Pangkal Pinang Jelang Seri 2 Kejuaraan MXGP 2017



Pangkal Pinang – GOR Sahabudin Pangkal Pinang sudah siap menggelar Seri 2 kejuaraan dunia motokros MXGP 2017 pada 4-5 Maret 2017. Sirkuit ini diklaim sebagai yang terbaik di Asia.

Status Kesiapan GOR Pangkal Pinang Jelang Seri 2 Kejuaraan MXGP 2017

Pembangunan GOR Sahabudin Pangkal Pinang

Sirkuit di GOR Sahabudin itu memiliki panjang lintasan 1.600 meter dengan lebar rata-rata 10 meter. Akan ada tujuh rintangan besar dengan tinggi maksimum empat meter di lintasan yang didesain mirip sirkuit MXGP di Swiss ini.
Sebanyak 300 orang bekerja 24 dalam beberapa giliran kerja. Hujan membuat pembangunan sirkuit yang biasanya hanya butuh waktu satu minggu menjadi molor.

”Biasanya kami mengerjakan sebuah sirkuit hanya dalam sepekan, tetapi ini butuh sampai tiga pekan,” ujar Freddy Verherstraeten, salah satu desainer sirkuit MXGP Pangkal Pinang, Rabu (1/3/2017).

Selain karena hujan terus-menerus, lahan yang dibangun itu mempunyai empat jenis tanah berbeda, yaitu lempung, lumpur, pasir, dan kapur, sehingga pengerjaannya tidak mudah.

”Kami harus mencampur keempat jenis tanah itu dan membuatnya seperti yang kami inginkan. Yang paling menyulitkan adalah hujan yang turun sangat sering sehingga kami butuh waktu lebih lama untuk pengerasan,” ujarnya.

Baca juga : Nico Rosberg Tampak Terkesan dengan Tes Pramusim F1

Melihat kondisi sirkuit hingga Kamis petang, hampir bisa dipastikan perhelatan Seri 2 MXGP akan bisa berjalan sesuai rencana.

”Bisalah kita selesaikan semua. Kalaupun ada kekurangan di sana-sini, ini karena kita baru pertama kali menyelenggarakan. Tahun-tahun berikutnya pasti akan lebih baik lagi,” ujar Wali Kota Pangkal Pinang Muhammad Irwansyah.

Seri 2 MXGP 2017 ini akan disiarkan langsung di Kompas TV pada Sabtu dan Minggu, 4-5 Maret 2017.
(Muspri-sisidunia.com)