Home » Gaya Hidup » Kenali Alarm Pertanda Tubuh Inginkan Olahraga

Kenali Alarm Pertanda Tubuh Inginkan Olahraga



Jakarta – Tubuh manusia seringkali memberikan signal-signal tertentu yang menandakan bahwa kondisi tubuh sedang dalam bahaya atau tidak fit. Namun sering kali juga kita mengabaikan signal-signal yang diberikan oleh tubuh sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Kenali Alarm Pertanda Tubuh Inginkan Olahraga

Ilustrasi

Banyak alasan yang menjadi penyebab kita mengabaikan signal-signal yang diberikan oleh tubuh. Salah satunya adalah kesibukan rutinitas yang kita lakukan sehari-hari. Terkadang, kita tanpa sadar mengabaikan signal-signal tersebut yang membuat berbagai macam penyakit dapat menumpuk di tubuh kita.

Yuk coba kenali tanda-tanda ini sebagai alarm bahwa tubuh kita memerlukan olahraga :

1. Merasa Terengah-engah Saat Menaiki Tangga
Jika kita sering menggunakan lift untuk naik ke lantai yang lebih tinggi, coba sesekali menaiki tangga untuk naik ke lantai tersebut. Jika baru setengah jalan saja sudah membuat nafas terengah-engah, berarti tubuh kamu perlu segera untuk berolahraga.

Ketika melakukan aktivitas fisik yang berat, denyut nadi bertambah cepat dan kebutuhan tubuh akan oksigen meningkat. Napas yang terengah-engah menandakan tubuh kita kekurangan oksigen. Rutin olahraga bermanfaat melancarkan peredaran darah dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

2. Badan Lemas dan Lesu Berkepanjangan
Perasaan lesu dan lemas yang tak kunjung lenyap bahkan setelah beristirahat, bisa jadi mengindikasikan kamu menderita chronic fatigue syndrome. Salah satu jenis pengobatan yang direkomendasikan oleh para ahli adalah dengan melakukan olahraga.

Baca juga : Hindari Lutut Cedera, Begini Cara Memilih Sepatu Olahraga Yang Benar

Menurut Robert Gotlin, direktur di sebuah lembaga rehabilitasi olahraga di New York, olahraga akan membantu meningkatkan level oksigen di dalam tubuh serta memproduksi hormon endorfin yang mampu mendatangkan perasaan senang dan sehat.

3. Hasil Check-Up Mengkhawatirkan
Coba lakukan check-up rutin yang meliputi : pemeriksaan kadar kolesterol, gula darah dan asam urat. Pasalnya, banyak ahli menyatakan bawa akhir-alhir ini ancaman penyakit berat seperti stroke, diabetes dan penyakit jantung justru mengancam generasi muda karena gaya hidup tidak sehat.

Olahraga teratur mampu membantu menstabilkan level gula darah dan menyingkirkan timbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah.
(Muspri-sisidunia.com)