Home » Gaya Hidup » Alasan Kenapa Gigi Susu Perlu Perawatan

Alasan Kenapa Gigi Susu Perlu Perawatan



Jakarta – Gigi sulung atau gigi susu pada anak jarang mendapat perhatian dan perawatan optimal. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan 2013 mengungkapkan, tak heran jika masalah gigi karies mencapai 53,2 persen.

Alasan Kenapa Gigi Susu Perlu Perawatan

Gambar ilustrasi

Drg Felicia Melati, SpKG dari Bamed Dental Care mengingatkan bahwa gigi susu perlu mendapat perawatan meski nanti akan hadir gigi tetap. Berikut alasan kenapa gigi susu perlu dirawat :

1. Pengunyahan

“Ini fungsi yang paling utama dari gigi yakni pengunyahan.Kalau gigi susu anak karies terus gigi habis sulit untuk mengunyah,” kata dokter yang akrab disapa Mela dalam acara #BamedPeduliGigiAnak di Jakarta ditulis Kamis (2/3/2017).

Bila sulit mengunyah, hal ini akan berpengaruh pada asupan nutrisi. Hal ini berujung pada terganggunya tumbuh kembang anak.

2. Menjaga ruangan

Gigi susu penting dalam menjaga ruangan untuk tumbuh gigi tetap.

3. Fonetik

Gigi turut memengaruhi kemampuan melafalkan huruf. Jika banyak gigi hilang, bicara jadi terganggu. “Terutama huruf dental seperti S dan T,” tuturnya.

4. Estetika

Gigi susu yang sehat jika dilihat secara estetika indah. Namun bila anak alami karies hingga gigi kehitaman bahkan habis, bisa saja dirinya tidak percaya diri.

(bens – sisidunia.com)