Home » Otomotif » Tips Otomotif : Simak Cara Memilih Pelek Bekas Untuk Mobil

Tips Otomotif : Simak Cara Memilih Pelek Bekas Untuk Mobil



Jakarta – Pemilik mobil biasa mengganti peleknya apabila sudah bosan dengan tampilan yang ada. Ada dua alternatif untuk membeli pelek, bisa melalui toko yang menjual pelek aftermarket atau bisa juga membelinya di pedagang pelek bekas.

Tips Otomotif : Simak Cara Memilih Pelek Bekas Untuk Mobil

Pelek bekas

Umumnya harga menjadi pertimbangan pemilik mobil apakah membeli pelek aftermarket yang baru atau bekas. Bagi yang memilih untuk membeli pelek bekas, harus lebih berhati-hati dan cermat dalam memilih produk.

Baca juga : Simak, Melumasi Rantai Dengan Oli Ternyata Kesalahan Fatal

Bukan tidak mungkin secara fisik tampilan pelek bekas bagus, namun sebenarnya sudah kurang layak digunakan. Marketing Manager PT Sinar Agung Mulia, Aldhy M Siregar, berbagi tips memilih pelek.

Menurut dia, sebelum membeli, perhatikan dengan benar bentuk pelek yang sudah diincar.

“Harus lihat bentuknya dulu bulet apa enggak. Kadang ada yang bekas kena lubang di jalan bentuknya jadi oval. Sehingga saat mau di-balancing enggak bisa,” kata Aldhy.

Lalu perhatikan setiap detailnya. Rabalah bagian yang paling dalam , jika menemukan benjolan patut dicurigai. Kemungkinan besar pelek tersebut sudah retak lalu oleh pemiliknya dilas supaya bagian yang retak menyatu kembali.

“Kalau retak biasanya dilas. Kelihatan kalau bekas las, biasanya warnanya juga beda,” tambah dia.

Sebenarnya hal lain yang perlu dicek juga adalah bobot dan ukurannya, apakah masih standar atau tidak. Namun untuk mengetahuinya perlu mengajak orang yang ahli ke toko karena orang awam akan sulit menentukannya.

“Kalau berat agak susah karena orang-orang awam enggak tahu berat pelek itu berapa,” kata Aldhy.