Home » Ekonomi & Bisnis » Kecanduan Belanja Online ? Ini Yang Harus Anda Lakukan

Kecanduan Belanja Online ? Ini Yang Harus Anda Lakukan



Jakarta – Dijaman serba kecanggihan teknologi seperti sekarang ini mempermudah hampir seluruh aspek kegiatan yang dilakukan manusia, salah satunya adalah kebutuhan berbelanja.

Kecanduan Belanja Online ? Ini Yang Harus Anda Lakukan

Ilustrasi

Tak hanya kecanggihan dalam hal berkomunikasi saja, melainkan juga kecanggihan dalam hal berbelanja secara online. Namun sayangnya ada dampak negatif yang mengikuti dari kemudahan berbelanja secara online.

Dampak negatif tersebut salah satunya adalah membuat seseorang menjadi shopaholic alias penggila belanja. Dampak tersebut dapat muncul karena kemudahan kegiatan yang dilakukan saat ini.

Seseorang hanya cukup duduk diam didepan alat teknologi seperti smartphone atau komputer yang terhubung dengan internet kemudian memilih barang-barang yang ingin di beli.

Pembayarannya pun dapat dilakukan dengan mudah dikarenakan kini dunia perbankan sudah menghadirkan fasilitas mobile banking yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Akibatnya, para shopaholic atau penggila belanja sering tidak menyadari bahwa uang mereka habis sia-sia untuk barang-barang yang tidak terlalu berguna.

Memang membeli secara online masuk akal jika menemukan hal-hal yang tidak tersedia di toko-toko fisik. Sayangnya, kemampuan untuk klik dan berbelanja setiap hari dengan mudah inilah yang justru membuat kemungkinan untuk menghabiskan uang tanpa berpikir panjang.

Lalu bagaimana cara mengontrol keinginan belanja online yang mungkin kelewat batas ini? Melansir laman Mic.com, Anda dapat menahan diri untuk klik dan membeli secara online dengan mencoba tips berikut ini :

1. Jangan Menyimpan Informasi Kartu Kredit Secara Online
Kebanyakan toko online mendorong Anda untuk membuat account dan menyimpan nomor kartu kredit serta tanggal kadaluwarsa kartu. Tentu saja ini ini tawaran yang sangat menggoda.

Sebaiknya jangan pernah lakukan hal itu, yakni memberikan nomor kartu kredit di toko online. Karena ini memungkinkan Anda untuk selalu melakukan pembelian

Baca juga : Geluti Bisnis Paper Casing, Dokter Muda Ini Raup Omset Ratusan Juta

Memang mudah melakukannya, hanya dengan mengisi data, maka semua keinginan belanja barang bisa dilakukan, tak perlu uang tunai dan pergi ke toko, cukup klik, maka Anda pun akan mendapat barang yang diinginkan.

Tapi ingat itulah yang sebenarnya membuat Anda akan boros dan bangkrut, karena secara otomatis utang dan cicilan bulanan juga akan semakin menumpuk. Namun, jika Anda tak memasukkan data kartu kredit, Anda pun masih bisa berpikir rasional apakah perlu membeli barang tersebut.

2. Berhenti Berlangganan Email Harian dari Toko Online
Sebagian besar perusahaan dan toko online biasanya akan meminta alamat email sehingga Anda dapat menerima kupon, penawaran dan pembaruan pada penjualan. Bahkan beberapa toko online biasanya juga sering mengirimkan diskon eksklusif harian bagi anggota yang aktif. Tentu saja ini tawaran yang sangat menarik.

Mendaftarkan email pribadi ke toko online memang salah satu cara yang baik untuk tahu bila ada penawaran atau kupon khusus. Masalahnya hal inilah yang akan membuat Anda susah untuk mengerem pembelian, apalagi jika sebenarnya barang tersebut tidak begitu diperlukan dan yang pasti akan mengacaukan email di kotak masuk Anda.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang gampang tergiur, maka sadarilah bahwa Anda telah menghabiskan uang sia-sia. Berhenti berlangganan untuk menghindari godaan belanja tersebut. Biarkan kebutuhan Anda yang sebenarnya yang akan menentukan apa yang sebenarnya perlu dibeli.
(Muspri-sisidunia.com)