Home » Gaya Hidup » Tanpa Diet, Anda Bisa Menurunkan Berat Badan Lewat Cara Ini

Tanpa Diet, Anda Bisa Menurunkan Berat Badan Lewat Cara Ini



Jakarta – Beberapa orang menganggap melakukan diet ketat dan berlatih gym sering menjadi pilihan yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Tanpa Diet, Anda Bisa Menurunkan Berat Badan Lewat Cara Ini

Gambar ilustrasi

Tapi jadwal yang sibuk, membuat sulit untuk melakukan kedua hal tersebut.

Diet dan program olahraga bisa membantu menurunkan beberapa kilogram dalam waktu singkat, tetapi penurunan berat badan ini hanya sementara.

Baca juga : Waspadai Stres Salah Satu Pemicu Obesitas

Berikut cara menurunkan berat badan tanpa diet, seperti dilansir Cheat Sheet, Minggu (27/2/2017).

1. Lakukan diet Mediterania.

Melakukan diet Mediterania bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker dan juga telah dikaitkan dengan insiden penurunan Parkinson dan Alzheimer.

Berikut ini kebiasaan makan mereka yang tinggal di Mediterania, di mana mereka biasanya mengonsumsi makanan yang berbasis tanaman, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan serta mengganti mentega dengan lemak sehat dan menggunakan bumbu dan rempah-rempah daripada garam untuk menambah rasa makanan.

Selain itu, Mayo Clinic menyarankan mengonsumsi ikan dan unggas setidaknya dua kali seminggu dan membatasi mengonsumsi daging merah tidak lebih dari beberapa kali dalam sebulan.

Dengan berfokus pada makanan sehat dan kaya antioksidan, Anda akan merasa kenyang dan puas sepanjang hari.

2. Makan dengan porsi kecil.

Makan dengan porsi kecil telah terbukti menjadi strategi penurunan berat badan yang efektif.

Livestrong menjelaskan bahwa makan dengan porsi kecil, namun sering setiap hari membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dengan membuat Anda merasa kenyang dan puas sepanjang hari.

3. Menjadi vegetarian sesekali.

Diet vegetarian tinggi serat, rendah lemak jenuh dan kaya akan antioksidan dan fitokimia.

Mereka yang makan makanan tanpa daging beresiko lebih rendah terkena kanker, penyakit jantung, hipertensi, diabetes dan asma.

SparkPeople menjelaskan Anda bisa menjadi semi-vegetarian, yang berarti Anda hanya perlu mengganti beberapa daging dengan makanan nabati.

Dengan mengonsumsi lebih banyak biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, Anda akan menyerap lebih sedikit kalori, sedikit lemak namun lebih banyak vitamin, mineral dan serat.

4. Makan perlahan-lahan.

Makan perlahan-lahan akan membantu mencegah Anda dari makan terlalu banyak.

5. Makan apa yang Anda inginkan dan kapanpun Anda mau.

Pemakan intuitif tidak percaya mengenai makanan yang baik atau buruk, tapi mereka tahu ada perbedaan gizi antara keduanya.

Ini berarti bahwa pemakan intuitif bisa makan sepotong kue, tetapi kemudian secara naluriah akan menginginkan makanan yang lebih bergizi sesudahnya untuk mengimbangi kelebihan lemak dan gula.

6. Mulailah dengan sup atau salad.

Mulai makan dengan sup kaldu atau salad yang kaya nutrisi akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang memulai makan siang dengan sup sayuran akan berakhir makan 20 persen lebih sedikit.

Livestrong menjelaskan bahwa air dan serat dalam sup dan salad membantu membuat Anda kenyang.

(bens – sisidunia.com)