Home » News » Menlu Retno : Persiapan Sudah 90 Persen

Menlu Retno : Persiapan Sudah 90 Persen



Jakarta – Seluruh jajaran Pemerintah Indonesia kini sedang disibukkan dengan persiapan penyambutan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, yang rencananya akan datang besok rabu (01/03/3017). Segala persiapan terus dimatangkan guna membuat Raja Salman beserta para rombongan merasa nyaman di Indonesia.

Menlu Retno : Persiapan Sudah 90 Persen

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi

Pada hari senin (27/02/2017) kemarin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Mensesneg Pratikno menghadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi guna melaporkan perkembangan persiapan penyambutan.

Retno mengatakan, segala persiapan sudah berjalan dengan baik. Seluruh detail baik yang substantif maupun non-substantif juga sudah disampaikan kepada Presiden. Dengan persiapan yang cukup matang diharapkan kunjungan kerja Raja Salman ke Indonesia berjalan lancar.

“Mungkin sudah 90 persen, tinggal hal-hal kecil yang harus kita selesaikan pada hari H,” kata Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sedikitnya ada dua misi besar yang dibawa dalam kunjungan kali ini. Pertama, kunjungan kenegaraan ini merupakan kunjungan bersejarah bagi kedua negara. Raja Arab terakhir kali berkunjung ke Indonesia 47 tahun lalu saat era Raja Faisal.

Selain itu, kunjungan ini menunjukkan hubungan baik kedua negara. Retno mengaku sempat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi dalam pertemuan G20. Dalam pertemuan itu, Arab Saudi melihat kuatnya komitmen kedua negara untuk saling mempererat hubungan.

Baca juga : Ingin Diskusi Sejumlah Isu dengan Raja Salman, Menag Lukman Upayakan Pertemuan dengan Para Tokoh Agama

“Saudi melihat Indonesia dalam konteks dunia, kita adalah negara berpenduduk muslim terbesar, kita adalah negara terbesar di Asia Tenggara, kita punya pertumbuhan ekonomi yang cukup baik dan sebagainya, ditambah intensitas dua belah pihak ini suatu yang luar biasa,” jelas Retno.

Tak lupa, kunjungan ini membahas peningkatan kerja sama bidang ekonomi, yang memang jadi salah satu fokus kunjungan Raja Salman ke Indonesia.
(Muspri-sisidunia.com)