Home » News » Bocoran Barang Bawaan Raja Salman Saat Mengunjungi Indonesia

Bocoran Barang Bawaan Raja Salman Saat Mengunjungi Indonesia



Jakarta – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, beserta rombongan dijadwalkan akan datang ke Indonesia pada tanggal 1-9 Maret 2017. Rencananya Raja Salman akan melakukan kunjungan kerja di Bogor dan Jakarta pada tanggal 1-4 Maret 2017. Selanjutnya Raja Salman akan berlibur ke Pulau Dewata.

Bocoran Barang Bawaan Raja Salman Saat Mengunjungi Indonesia

Raja Arab Saudi, Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud

Sementara itu, penyedia layanan kargo udara, PT Jasa Angkasa Semesta Tbk, menyatakan akan menangani 459 ton kargo berisi perlengkapan yang akan dibawa oleh rombongan Raja Salman. Barang yang dibawa mulai dari 4 sedan Mercy S-600 sampai furnitur.

Presiden Direktur JAS Adji Gunawan mengatakan bahwa tonase kargo tersebut, di antaranya 63 ton yang akan diturunkan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan 396 ton di Bandara Ngurah Rai, Denpasar terhitung per 23 Februari 2017.

“Secara formal, kami sudah ditunjuk untuk menangani semua pesawat rombongan Raja, mulai 28 Januari sudah ada rombongan yang masuk,” ucapnya dalam konferensi pers di kawasan kargo Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat, 24 Februari 2017.

Adji menyebutkan, kargo khusus yang diangkut di antaranya dua unit Mercy S600 yang sudah didaratkan di Bandara Halim pada 23 Februari 2017, dua unit Mercy S600 (Denpasar, 18 Februari 2017), satu unit eskalator listrik (Halim, 21 Februari 2017) dan satu unit eskalator listrik (Denpasar, 22 Februari 2017) serta logistik berupa makanan dan minuman, peralatan kantor, furnitur dan mesin sinar-x.

Sementara anggota rombongan yang akan datang periode 15-28 Februari 2017 yaitu 620 orang, namun belum ada informasi lebih lanjut untuk 1 Maret dan seterusnya.

Dia menambahkan, Raja Salman membawa serta delegasi sekitar 800 orang, termasuk jajaran menteri dan 25 pangeran.

Fase kedatangan dijadwalkan mulai 15 Februari hingga 4 Maret 2017, yaitu 27 penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma dan sembilan penerbangan di Bandara Ngurah Rai, Denpasar.

Baca juga : Heboh Persiapan DPR Sambut Kedatangan Raja Salman

Tipe pesawat yang akan mendarat di kedua bandara tersebut, yaitu Boeing 777, Boeing 744, Boeing 747F, Boeing 73G, Boeing 757 dan Gulfstream.

Ia menyebutkan pihaknya bisa mengantongi sekitar Rp400 juta untuk jasa berbagai konfigurasi pesawat.

“Kunjungan ini merupakan kunjungan bersejarah setelah 47 tahun yang lalu Raja Faisal bertandang ke Indonesia, kami mendapat kepercayaan” tuturnya.

Untuk itu, Adji telah menyiapkan personel sebanyak 178 orang di Bandara Halim Perdanakusuma, di antaranya 30 operator lisensi untuk mengoperasikan parkir pesawat (push back, main deck loader dan lainnya) dan 26 personel keamanan penerbangan (aviation security) yang mengawasi penurunan barang hingga ke terminal.

Adapun, untuk di Bandara Ngurah Rai telah disiapkan 394 orang (operator lisensi 42 orang dan 42 personel keamanan penerbangan).

“Sebagai perusahaan nasional Indonesia, kami berkomitmen untuk berperan serta menjadi tuan rumah yang baik dalam kunjungan kenegaraan Raja Salman ini dan kewajiban kami memberikan layanan terbak bagi Saudi Arabia Airlines yang telah menjadi mitra penunjang dalam penerbangan serta kunjungan yang bersejarah ini,” ujarnya.
(Muspri-sisidunia.com)