Home » News » Polisi Berhasil Tangkap Kawanan Rampok, 2 Diantaranya Masih Bocah

Polisi Berhasil Tangkap Kawanan Rampok, 2 Diantaranya Masih Bocah



Jakarta – Telah terungkap kawanan rampok yang menggasak dua rumah dalam sehari di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu (23/2/2017) lalu. Enam tersangka berhasil ditangkap di Kota Pontianak oleh tim gabungan Reskrim Polres Sanggau dan Resmob Polda Kalbar.

Polisi Berhasil Tangkap Kawanan Rampok, 2 Diantaranya Masih Bocah

Gambar ilustrasi

“Enam tersangka ini, lima pelaku dan satu penadah ditangkap di lokasi berbeda yakni di Jalan Sultan Hamid II dan Jalan Tanjung Raya II, Kecamatan Pontianak Timur,” kata Kapolres Sanggau, AKBP Donny Charles Go.

Baca juga : Akibat Hujan dan Angin Kencang, Dua Papan Reklame Roboh Timpa Mobil

Donny menjelaskan, kawanan rampok ini tercatat melakukan aksinya di dua TKP, Jalan Haji Abbas dan Jalan Irian, Kabupaten Sanggau. Keenam tersangka adalah Agus Suprianto (33) dan RI (16), warga Jalan Tebu serta Ferdi Januarianto (29) warga Jalan Kom Yos Soedarso, Pontianak Barat.

Kemudian FJ (17) warga Jalan Prof M Yamin, Pontianak Kota dan Helmi Alfian (35) warga Jalan Tanjung Raya II, Pontianak Timur. Serta Wawan (34) warga Jalan Veteran, Pontianak Selatan selaku penadah barang hasil kejahatan.

“Dua pelaku diantaranya masih bawah umur. Bahkan masih ada sekolah kelas tiga SMP,” papar Donny.

Ia melanjutkan, pengungkapan cepat ini berkat informasi dari saksi korban dan masyarakat yang terkumpul. Setelah mengetahui ciri-ciri pelaku dan kuat dugaan keberadaan pelaku ada di Pontianak, Polres Sanggau kemudian meminta bantuan Tim III Resmob Polda Kalbar.

“Kita menginformasikan kepada Resmob Polda berupa ciri-ciri pelaku. Juga ciri-ciri mobil yang digunakan oleh pelaku saat beraksi. Serta barang bukti korban yang berhasil dicuri mereka,” katanya.

Pencarian kemudian difokuskan ke Jalan Veteran, Gang Syukur VI, Pontianak Selatan. Disana tak ditemukan pelaku. Tapi ditemukan petunjuk keberadaan pelaku. Petugas kemudian mengidentifikasi mobil dengan ciri-ciri yang sama digunakan pelaku. Mobil jenis Avanza bernomor polisi palsu itu ditemukan di simpang empat Tanjung Raya, Pontianak Timur.

“Petugas kemudian menghentikan mobil tersebut. Di dalamnya, terdapat Ferdi dan Agus yang mengakui perbuatannya,” jelas Donny.

Agus kemudian memberitahukan keberadaan tiga pelaku lainnya di Tanjung Raya II. Petugas kemudian menuju lokasi yang ditunjukkan Agus dan berhasil meringkus Helmi, RK dan FJ.

“Setelah menangkap lima pelaku utama, petugas mengembangkan ke penadah. Lalu Wawan, yang diduga sebagai penadah berhasil ditangkap di Jalan Sultan Hamid II,” jelasnya.

Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti hasil curian berupa, laptop, tablet, smartphone, kamera DSLR dari tangan para kawana rampok ini. Kemudian mobil dan motor sebagai kendaraan serta pisau yang digunakan untuk melukai korban.

“Saat ini, para tersangka masih diperiksa di Mapolres untuk pengembangan lebih lanjut dimana dan siapa lagi korbannya. Sementara mereka mengaku hanya melakukan di kawasan Sanggau,” tukas Donny.

(bens – sisidunia.com)