Home » News » Waspadai Racun Saraf VX, Racun yang Dipakai Membunuh Kim Jong Nam

Waspadai Racun Saraf VX, Racun yang Dipakai Membunuh Kim Jong Nam



Singapura – Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah tewas dibunuh dengan cara disemprotkan gas saraf VX sejenis zat pemusnah massal yang dilarang PBB. Berita kematiannya juga telah diumumkan oleh Polisi Diraja Malaysia.

Waspadai Racun Saraf VX, Racun yang Dipakai Membunuh Kim Jong Nam

Kim Jong Nam dan Kim Jong Un

VX adalah nama untuk zat beracun ethyl S-2-diisopropylaminoethyl methylphosphonothioate. VX berbentuk cairan berwarna kuning, berminyak hambar dan tidak berbau. Peredarannya dilarang oleh konvensi senjata kimia dan diproduksi khusus untuk “tujuan riset, medis atau farmasi”.

VX adalah sejata kimia buatan manusia diklasifikasikan sebagai agen saraf beracun dan paling mematikan. Hanya 10 milligrammes atau setetes cukup untuk membunuh orang dalam beberapa menit saja.

“Anda dapat berpikir VX seperti pestisida, ini adalah zat sangat beracun,” kata Bruce Bennet, peneliti bidang pertahanan di RAND Corporation yang berbasis di California.

“Kira-kira 1/100 gram, sepertiga dari setetes, pada kulit seseorang, akan mampu membunuh dalam hitungan menit,” ujarnya.

Baca juga : Kini Giliran Korut Tuduh Malaysia ‘Sekongkol’ dengan Korsel Atas Kematian Kim Jong Nam

Menurut The Guardian, racun XV 100 kali lebih mematikan daripada gas beracun Sarin di Tokyo 20 Maret 1995, yang digunakan oleh kultus Aum Shinrikyo selama serangan mereka yang fatal di stasiun kereta Tokyo.

Cara kerja cairan racun tersebut adalah merembes masuk tubuh lewat kulit dan mengacaukan sistem saraf. Bisa disebarkan dengan semprotan atau uap, atau dengan mencampurkannya ke dalam air, makanan, atau produk pertanian. VX bisa diserap tubuh karena diisap, ditelan, sentuhan kulit, atau sentuhan pada mata.
(Muspri-sisidunia.com)