Home » Otomotif » Simak, Melumasi Rantai Dengan Oli Ternyata Kesalahan Fatal

Simak, Melumasi Rantai Dengan Oli Ternyata Kesalahan Fatal



Jakarta – Banyak sekali orang yang tidak mengetahui tentang penggunaan oli bekas di rantai motor yang sebenarnya tidak di anjurkan dan sangat berbahaya. Efek yang ditimbulkan selain membuat rantai jadi tidak tahan lama, tumpukan kotoran di rantai juga bisa jadi tebal.

Simak, Melumasi Rantai Dengan Oli Ternyata Kesalahan Fatal

Melumasi Rantai

Lho kok bisa? bukannya menggunakan pelumas untuk rantai itu adalah terbaik? jawabannya adalah tergantung dari pelumas apa yang digunakan.

Baca juga : Baju Baru, ”Si Raja Bebek” Terlihat Makin Sporty

Oli bekas sangat tidak disarankan, karena oli bekas itu memuat banyak residu dari sisa pembakaran dan kotoran yang terbuang dari dalam mesin. Dengan memakai pelumas akan mengurangi gesekan, hal ini dikarenakan komposisi rantai yang melicinkan serta tidak mudah menguap.

Sedangkan oli juga lebih mudah menguap dan yang paling mengerikan kotoran dari debu jalanan juga bisa menempel dengan cepat. Selain itu, oli juga memuat residu atau kotoran malah akan membuat gesekan antar komponen lebih besar.

Perlu diketahui, Tingkat kekentalan oli bekas juga berbeda beda antara oli satu dengan yang lainnya. Hal itu menyebabkan rantai ketika bergesekan dengan gear akan sedikit terganggu serta mengakibatkan rantai gampang kendor.

Meski demikian, tidak disarankan juga untuk menggunakan oli baru untuk melumasi rantai. Oli sejatinya untuk melumasi mesin bukan melumasi rantai.

Jadi gunakanlah pelumas rantai (chainlube) terbaik untuk melumasi rantai motor kalian, jangan pakai oli bekas karena justru akan merusak rantaimu. (bens – sisidunia.com)