Home » Gaya Hidup » Pria Asal Tiongkok Masih Semangat Jalani Pendidikan S3 di Usia 105 Tahun

Pria Asal Tiongkok Masih Semangat Jalani Pendidikan S3 di Usia 105 Tahun



Jakarta – Tak ada kata terlambat untuk belajar tampaknya menjadi moto hidup bagi seorang kakek asal Shandong, Tiongkok. Bagaimana tidak, di usianya yang telah menginjak 105 tahun, kakek bernama Zhao Muhe memutuskan untuk menghabiskan masa tuanya dengan menjadi mahasiswa S3.

Pria Asal Tiongkok Masih Semangat Jalani Pendidikan S3 di Usia 105 Tahun

Kakek Zhao Muhe

Dilansir dari Next Shark, Zhao kini tercatat sebagai mahasiswa tertua di Universitas Nasional Tsing Hua Taiwan untuk meraih gelar Ph.D. Tak heran jika semangat belajar kakek yang lahir pada 1912 itu menuai pujian dari berbagai pihak yang mengaku kagum dengan kegigihannya.

Meski telah lanjut usia, namun semangat Zhao tak pernah pudar. Ia masih terlihat bugar dan mampu mengikuti tren perkembangan teknologi untuk kebutuhan kuliahnya. Rupanya, kegemaran Zhao untuk belajar ini sudah ia miliki sejak kecil.

Zhao mulai mengikuti sekolah privat untuk mempelajari seni kaligrafi di usianya yang ke-14 tahun. Lalu ia menggunakan keahliannya itu untuk menciptakan karya yang dijual untuk donasi bagi anak-anak yang kekurangan. Barulah pada tahun 1999 ia memutuskan untuk berkuliah di Universitas Terbuka di Taiwan dan lulus di usia 91 tahun.

Baca juga : Ide, Menanam Bawang Tak Perlu Pakai Tanah, Cukup Dengan Tempat Telur Bekas

Beberapa tahun kemudian, ia berhasil masuk di Nanhua University untuk meraih gelar master dalam dua tahun. Ia pun berhasil menjadi mahasiswa pascasarjana tertua di Guinness World Record dan lulus di usia 98 tahun. Zhao bahkan akan segera meraih gelar Ph.D setelah memulainya pada 2015 lalu.

Kisah hidup Zhao bahkan telah ditulis sebagai karya autobiografi oleh Fang Yahui. Sementara itu, saat ini ia lebih memilih hidup sendiri di lantai 4 sebuah apartemen dan melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan orang lain.
(Muspri-sisidunia.com)