Home » News » Bandung Barat Direndam Banjir Sejak Tadi Sore

Bandung Barat Direndam Banjir Sejak Tadi Sore



Bandung – Banjir yang merendam Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, sore tadi merusak permukiman warga dan lahan pertanian. Namun, dalam insiden tersebut tidak memakan korban jiwa.

Bandung Barat Direndam Banjir Sejak Tadi Sore

Bandung Barat Direndam Banjir Sejak Tadi Sore

Menurut Sekretaris BPBD Kabupaten Bandung Barat Hari Mustika, banjir bandang terjadi saat hujan deras di hulu sungai, yang mengakibatkan Sungai Cidadap meluap. Luapan air merendam bangunan dan rumah warga hingga ketinggian 1-2 meter.

Baca juga : Tukang Sampah di Amerika Serikat Mencapai Rp 1 Miliar

“Akibat luapan tersebut, korban terdampak sebanyak 19 KK (kepala keluarga) sebanyak 58 jiwa. Tidak ada laporan korban jiwa,” ujar Hari melalui pesan singkat, Kamis (23/2/2017).

Selain itu, lanjut Hari, jembatan penghubung Desa Gununghalu dan Desa Mekarwangi di Kampung Tonjong RT 04/09 rusak berat. Namun saat ini banjir sudah surut.

“Jembatan di Desa Sirnajaya juga putus. Sawah seluas 42 hektare terendam. Barang-barang elektronik, furnitur, dan barang lain milik warga juga terbawa hanyut. Kerugian mencapai Rp 120 juta,” tambah Hari.

Saat ini, kata Hari, unsur Muspika dan BPBD serta relawan sudah melakukan evakuasi korban ke mes dan aula pabrik teh Montaya. Bantuan logistik sudah disalurkan kepada pengungsi, berupa makanan siap saji, terpal, dan selimut.

“Tapi tidak semua mengungsi, ada yang ke tempat saudaranya,” kata Hari.

Pihak BPBD, Muspika, dan relawan juga turun untuk membersihkan material akibat banjir dan memantau lokasi untuk mengantisipasi bencana susulan. (bens – sisidunia.com)