Home » News » Warga Paya Terubon Berhasil Menangkap Ular Piton Sepanjang 8 Meter

Warga Paya Terubon Berhasil Menangkap Ular Piton Sepanjang 8 Meter



Jakarta – Ular termasuk salah satu reptil yang ditakuti oleh manusia, ular berbisa ataupun ular tidak berbisa sekalipun. Ular yang Anda lihat atau Anda temui mungkin hanya sepanjang tangan manusia saja.

Warga Paya Terubon Berhasil Menangkap Ular Piton Sepanjang 8 Meter

Ular piton sepanjang 8 meter

Ular Piton sepanjang 8 meter yang diasumsikan sebagai piton terpanjang di dunia ditemukan di Asia Tenggara, tepatnya di bawah jembatan yang sedang dibangun didaerah Paya Terubon, Pulau Penang, Malaysia. Herme Herisyam melihat ular tersebut dan langsung menghubungi pihak berwajib untuk menangkap ular tersebut. Piton itu membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menangkap dan menjinakannya.

Baca juga : Ular Sanca Dengan Panjang 3 Meter Ditemukan di Halaman Kantor Kecamatan

“Piton ini mempunyai panjang sekitar delapan meter dan berat sekitar 250kg.” Ujar Herme Herisyam selaku Kepala Operasi Departemen Pertahanan Sipil.

Saat ini, The Guinness Book of World Records mencatatkan ular sepanjang 7,67 meter dan berat 158,8kg bernama Medusa. Ular Piton asal Malaysia ini dianggap akan menggantikan posisi Medusa dalam buku tersebut. Untuk memastikan hal tersebut, ular tersebut perlu untuk diverifikasi terlebih dahulu oleh pihak The Guinness Book of World Records.

Herme Herisyam juga mengatakan bahwa piton tersebut mati setelah mengeluarkan telurnya di hari Minggu sebelum diserahkan kepada badan satwa liar. (bens – sisidunia.com)