Home » News » Dokter : Pasien HIV Yang Bisa bertahan Lebih Banyak Dari Pasien Kanker

Dokter : Pasien HIV Yang Bisa bertahan Lebih Banyak Dari Pasien Kanker



Jakarta – Pasien Human Immunodeficiency Virus (HIV) mungkin sangat disegani karena dianggap mengidap penyakit mematikan beberapa tahun lalu. Namun, berkat kemajuan ilmu medis pasien HIV di jaman modern ini dokter justru bisa dibilang lebih ringan dari pasien kanker.

Dokter : Pasien HIV Yang Bisa bertahan Lebih Banyak Dari Pasien Kanker

Gambar ilustrasi

Profesor dr Zubairi Djoerban, SpPD, KHOM, FINASIM, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menjelaskan bahwa pasien HIV saat ini sudah bisa hidup normal seperti orang yang tidak terinfeksi dengan rutin minum obat. Oleh karena itu pasien HIV tidak perlu sungkan lagi mencari pelayanan kesehatan.

“Dulu-dulu memang jauh lebih berat obatin HIV daripada kanker karena kalau kanker kan 1-2 pasien ada yang sembuh tapi kalau HIV tentu semuanya meninggal,” kata Prof Zubairi ketika ditemui di gedung IMERI, Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2017).

“Tapi sekarang sebaliknya, pasien HIV yang bisa bertahan lebih banyak dari pasien kanker,” lanjut Prof Zubairi.

Menurut Prof Zubairi zaman dahulu pasien HIV mungkin hanya memiliki harapan hidup maksimal dua tahun. Kini dengan kemajuan medis obat antiretroviral (ARV) pasien HIV dapat hidup bahkan sampai 20 tahun lebih setelah terinfeksi dan masih sehat.

Hanya saja kendalanya yang masih ada hingga saat ini adalah kemampuan diagnosis HIV di Indonesia lemah.

“Kalau di Afrika Selatan mereka 30 persen penduduknya sudah diperiksa HIV. Kalau di China mereka 70 juta penduduknya diperiksa. Kita minimal harus sampai 30 juta tes penduduk setiap tahun karena makin cepat diobati maka angka kematian akan semakin turun,” pungkas Prof Zubairi.

(bens – sisidunia.com)