Home » Techno » Seolah Pakai Topi Penyihir, Amoeba Ini Mirip Tokoh Penyihir Lord of the Rings

Seolah Pakai Topi Penyihir, Amoeba Ini Mirip Tokoh Penyihir Lord of the Rings



Jakarta – Kecanggihan tekhnologi tak ada habisnya diciptakan oleh manusia. Bahkan untuk meneliti binatang tak kasat mata sekalipun seperti amoeba.

Seolah Pakai Topi Penyihir, Amoeba Ini Mirip Tokoh Penyihir Lord of the Rings

Tokoh Penyihir Lord of the Rings, Gandalf

Para peneliti di Sao Paulo, Brazil menemukan spesies baru Amoeba. Karena bentuknya yang unik, seperti topi penyihir, ilmuwan pun menamai spesies baru Amoeba itu Arcella gandalfi.

Nama spesies tersebut diambil dari tokoh penyihir di film ‘Lord of the Rings’, Gandalf. Nama Gandalfi yang khas karena seolah amoeba itu mengenakan topi penyihir.

Daniel JG Lahr, salah seorang ilmuwan yang meneliti amoeba itu. Dia mengatakan, A.gandalfi memiliki ukuran tubuh yang memang agak besar dari spesies Amoeba lainnya. Seperti topi yang mengerucut, A.gandalfi berdiameter 0,0032 inci dan tingginya 0,0028 inci.

Selain itu, perbedaan A.gandalfi dengan organisme bersel tunggal ini adalah pada bagian kulit luar tubuh Amoeba. Umumnya kulit luar digunakan Amoeba untuk melindungi diri dari predator.

Tapi, kelopak A.gandalfi, atau disebut ciliates, digunakan untuk perisai kelembaban dan jaring pengaman dari radiasi UV.

Baca juga : Robot Yang Dikembang Ilmuwan Jerman Ini Mampu Bunuh Kanker

“Organisme multiseluler memiliki sejumlah hambatan pelindung terhadap radiasi UV, termasuk lapisan keratin, serta pigmen kulit. Dalam kasus organisme sel tunggal seperti amoeba, DNA mereka pada dasarnya terbuka,” kata Daniel seperti dilansir Tech Times, Senin, 20 Februari 2017.

Ternyata A. gandalfi bukan spesies pertama ‘dibaptis’ sebagai referensi untuk penyihir fiksi terkenal. Tahun lalu, spesies laba-laba diberi nama spesies Eriovixia gryffindori karena kemiripannya dengan topi seleksi asrama Hogwarts dalam film Harry Potter.
(Muspri-sisidunia.com)