Home » News » Peralihan Lalin yang Disiapkan Polda Untuk Aksi 212

Peralihan Lalin yang Disiapkan Polda Untuk Aksi 212



Jakarta – Hari ini, Selasa (21/02/2017), ada rencana dari Forum Umat Islam (FUI) untuk menggelar acara aksi 212. Puluhan ribu massa dari berbagai daerah akan mendatangi dan mengepung gedung DPR Jakarta.

Peralihan Lalin yang Disiapkan Polda Untuk Aksi 212

Para massa aksi 212 di depan Gedung DPR

Aksi 212 ini didasari pada adanya status aktif kembali Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Mereka ingin status Ahok yang kini menjadi terdakwa diberi sebuah tindakan tegas dari pemerintah.

Polisi mencium adanya upaya provokasi berujung tindakan anarkis. Polisi meminta peserta aksi agar tidak mudah termakan tindakan provokatif yang dapat merugikan diri sendiri.

“Kami telah mendeteksi kegiatan yang mengarah pada provokatif menuju kondisi anarkis. Dalam hal ini tidak berlebihan jika kepolisian mengingatkan kepada masyarakat,” ungkap Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar kepada awak media saat berada di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (20/2/2017).

Oleh karenanya, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro jaya AKBP Budiyanto mengatakan pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan saat demo 212 hari ini.

“Dipersiapkan pengaturan lalu lintas untuk tetap mempertahankan kamseltibcar lantas tetap dinamis dan kondusif sehingga seluruh aktivitas masyarakat tetap berjalan lancar,” katanya di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Menurutnya ada beberapa alternatif pengaturan lalu lintas yang akan dilakukan Ditlantas Polda Metro. Salah satunya pengalihan arus lalulintas.

“Ada beberapa alternatif pengaturan lalu lintas yang dipersiapkan. Pertama pengaturan dalam situasi normal. Kedua apabila terjadi kepadatan didepan gedung DPR, arus lalu lintas yang mengarah obyek akan dikurangi atau dialihkan ke jl Graha Pemuda – Asia Afrika – Jln Gelora – Papmerah dan seterusnya,” bebernya.

Baca juga : Polisi Mengetahui Upaya Provokasi Pada Aksi 21 Februari

Ketiga apabila terjadi kemacetan di depan Gd DPR akan diadakan rekayasa lalu lintas dalam bentuk pengalihan arus. Ini pengalihan arus yang disiapkan Polda Metro Jaya

1. Arus lalu lintas dari Semanggi dialihkan ke jln Graha Pemuda- Asia Afrika – atau Palmerah – Permata Hijau dstnya.
2. Arus lalu lintas dr Jln Graha Pemuda – diputar balikan ke Graha Pemuda- Asia Afrika – Palmerah – Permata hijau dstnya.
3. Arus lalu lintas dr jln Tol yang akan keluar DPR diluruskan ke Slipi Jaya.
4. Arus lalu lintas dari Jln Jenderal Sudirman yg akan mengarah ke Gd DPR diluruskan kearah Bund HI.- Tanah Abang dstnya.
5. Arus lalu lintas dln Tol yang akan keluar Farmasi / Ladogi diluruskan keluar di Off ramp Semanggi.
6. Tempat parkir dipersiapkan di Parkir Timur Senayan & sepanjang Jln Pemuda 1 ( satu ) lajur.
(Muspri-sisidunia.com)