Home » News » Muncul di TPS Kalibata, Komite Pemilih Indonesia Menilai Anies Ingin Menggiring Opini Masyarakat

Muncul di TPS Kalibata, Komite Pemilih Indonesia Menilai Anies Ingin Menggiring Opini Masyarakat



Jakarta – Pada hari Minggu (19/02/2017), TPS 29 Kalibata terpaksa menjalani pemilihan suara ulang. Badan Pengawas Pemilu DKI menemukan adanya pelanggaran berupa adanya pemilih yang mewakili anggota keluarganya yang tidak dapat hadir dalam hari pemungutan suara Pilkada DKI 2017 pada 15 Februari lalu.

Muncul di TPS Kalibata, Komite Pemilih Indonesia Menilai Anies Ingin Menggiring Opini Masyarakat

Pencoblosan ulang di TPS 29 Kalibata

Namun saat proses pemilihan suara ulang tersebut sedang berlangsung, tampak calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di tempat pemungutan suara (TPS) 29 Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan.

Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi) Jeirry Sumampow mengatakan, tidak ada larangan bagi seorang cagub melakukan kunjungan di lokasi mana pun. Namun, kata dia, alangkah bijak jika cagub tersebut tidak berada langsung di lokasi pemilihan.

“Ini persoalan etis saja. Secara tidak langsung menggiring opini masyarakat,” kata Jeirry dalam program Primetime News Metro TV, Minggu (19/2) petang.

Jeirry menambahkan, sudah semestinya pemungutan suara ulang tidak terjadi dalan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI. Menurutnya, kesalahan kecil yang dilakukan penyelenggara pemilihan ini nantinya bisa berdampak untuk menang kalahnya seorang calon.

“Ini kesalahan yang sifatnya remeh temeh. Kalau tidak ada kesengajaan, tidak mungkin ada kesalahan seperti ini,” ujarnya.

Baca juga : Persiapan Hadapi Ahok, PKS Siapkan Strategi Untuk Anies-Sandi di Putaran Kedua

Siang itu, Anies memantau langsung jalannya pemungutan suara ulang di TPS 29, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. TPS itu merupakan salah satu yang melakukan pemungutan suara ulang.

Menjelang siang, Anies datang berbarengan dengan Ketua KPU DKI Sumarno. Dia mengaku hanya ingin memastikan pemungutan suara ulang berjalan lancar.

“Meskipun hanya satu dua TPS yang diulang kami ingin memastikan aspirasi warga di sini tidak tercederai,” kata Anies di TPS 29, Kalibata, Pancoran, Jaksel, Minggu siang.

Anies menyebut kedatangannya tidak direncanakan. Dia hanya berharap pemungutan suara ulang berjalan lancar.

“Kemarin di tempat ini ada beberapa masalah Kami tidak ingin ada ketidakpercayakan pada KPU,” tambah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.
(Muspri-sisidunia.com)