Home » News » KPU DKI Pastikan Paslon Diberi Waktu Kampanye Jelang Putaran 2

KPU DKI Pastikan Paslon Diberi Waktu Kampanye Jelang Putaran 2



Jakarta – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Dahlia Umar mengatakan sebelum pemilihan gubernur dan wakil gubernur putaran kedua pada 19 April 2017, pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, diperbolehkan berkampanye.

KPU DKI Pastikan Paslon Diberi Waktu Kampanye Jelang Putaran 2

KPU DKI Jakarta

“Kami sedang membuat konsep kampanye tetap ada di putaran kedua,” ucap Dahlia, Selasa, 21 Februari 2017. Alasannya, kata Dahlia, adanya tenggat panjang antara penetapan putaran dua dan hari pemungutan suara.

Baca juga : Dihadapan Warga Rusun Rawa Bebek, Anies Ajukan Pertanyaan Ini

Menurut Dahlia, keputusan ini juga dilakukan karena pada putaran kedua pilkada DKI Jakarta pada 2012, para pasangan calon tetap berkampanye. “Padahal tidak diperbolehkan,” ujar Dahlia.

Dahlia mengatakan, KPU DKI Jakarta saat ini sedang membuat perubahan tahapan dan jadwal, karena ada perubahan tentang konsep pada putaran pertama terkait dengan pendaftaran pemilih.

Dahlia juga menegaskan, jika sebelumnya petugas pemutakhiran data pemilu mendatangi rumah warga untuk mendata mereka dalam daftar pemilih tetap (DPT), kini warga diminta aktif mendaftarkan dirinya. “KPU juga akan membuat aturan tentang tata cara pendataan pemilih, kampanye, dan pelaporan dana kampanye untuk putaran kedua,” katanya.