Home » Gaya Hidup » Ide, Menanam Bawang Tak Perlu Pakai Tanah, Cukup Dengan Tempat Telur Bekas

Ide, Menanam Bawang Tak Perlu Pakai Tanah, Cukup Dengan Tempat Telur Bekas



Jakarta – Menanam tanaman hidroponik tidak harus mahal, kita bisa memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita. Bahkan dari barang bekas pun bisa menjadi salah satu alternatif untuk menanam tanaman hidroponik, contohnya seperti menggunakan karton pembungkus telur yang biasa ditemukan di minimarket atau pasar tradisional.

Ide, Menanam Bawang Tak Perlu Pakai Tanah, Cukup Dengan Tempat Telur Bekas

Tanaman bawang merah

Karton telur ini bisa kita manfaatkan sebagai media hidroponik dengan syarat karton telur harus selalu dalam keadaan basah oleh pupuk cair atau nutrisi hidroponik. Apabila karton telur ini kering maka perkembangannya akan menjadi lambat bahkan bisa mati.

Baca juga : Ternyata Lemon Bisa Menjadi Pengganti Deodoran

Langkah awal menaman hidroponik sederhana bawang merah adalah siapkan karton telur sebagai media hidroponik lalu karton ditumpuk sebanyak 4-5 lembar. Jangan lupa siapkan juga bawang merah ambil yang bersiung tunggal dan sudah tua, bisa dilihat dari akar yang mulai tumbuh di bagian bawah. Potong sedikit bagian atas bawah untuk mempercepat pertumbuhan tunas.

Ide, Menanam Bawang Tak Perlu Pakai Tanah, Cukup Dengan Tempat Telur Bekas

Bibit bawang yang hendak ditanam

Lalu siapkan karton media hidroponik, sebagai media hidroponik, karton harus selalu dalam kondisi basah. Untuk awal bisa disiram rendaman bawah merah yang ditumbuk kasar, ini merupakan cairan perangsang akar. Tujuan penyiraman dengan air bawang merah adalah agar akar muda mudah tumbuh dan tanaman bisa beradaptasi di media hidroponik.

Ide, Menanam Bawang Tak Perlu Pakai Tanah, Cukup Dengan Tempat Telur Bekas

Tunas mulai tumbuh

Langkah selanjutnya cukup melakukan penyiraman secara berkala pagi dan sore. Penyiraman awal bisa dengan air saja, jika sudah tumbuh tunas bisa diberikan cairan nutrisi hidroponik ab mix dengan ppm standar sayuran daun. Atau jika tidak punya bisa pakai air cucian beras, air bekas teh, kulit telur yang di blender dan lain-lain. Usahakan karton media hidroponik tidak kering tapi jangan terlalu basah atau berair ya. Pada penggunaan karton media hidroponik untuk tanaman hidroponik bawang merah kita bisa memanfaatkan daunnya sedangkan umbi bawang sepertinya kurang maksimal hasil.
(Muspri-sisidunia.com)