Home » News » Puting Beliung Mengamuk di Krian, Ratusan Rumah Rusak

Puting Beliung Mengamuk di Krian, Ratusan Rumah Rusak



Krian – Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada Rabu (15/02/2017) sore kemarin diamuk gulungan putih beliung yang disertai hujan deras. Akibatnya, ratusan rumah warga rusak akibat atap rumah yang rontok dan sejumlah pohon tumbang dijalanan.

Puting Beliung Mengamuk di Krian, Ratusan Rumah Rusak

Pohon tumbang akibat amukan puting beliung

Sejak pukul 15.00 WIB, langit Sidoarjo dan Surabaya terpantau mendung pekat. Hujan deras pun turun. Hingga malam, tampak petugas gabungan dan warga masih melakukan pembersihan dan pendataan.

Di kawasan A Yani Surabaya, angin kencang menyertai guyuran hujan baru mereda sekira pukul 20.00 WIB. Angin kencang itu imbas dari puting beliung yang terjadi di Krian, Sidoarjo.

Informasi diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur menyebutkan, dua desa yang dilintasi angin puting beliung dan merontokkan atap ratusan rumah warga, yakni Desa Keboharan dan Terungkulon, Krian, Sidoarjo.

Sebanyak 154 rumah warga Desa Keboharan mengalami rusak sedang dan berat. Sementara itu, jumlah rumah rusak di Desa Terungkulon masih dalam proses pendataan. Selain rumah, puluhan pohon di desa terdampak, tumbang.

“Dua orang luka-luka sudah mendapatkan perawatan,” demikian laporan BMKG.

Baca juga : Beginilah Kebiasaan Pengendara Saat Musim hujan

Dilansir dari VIVA.co.id, total rumah warga yang rusak akibat amukan puting beliung diperkirakan lebih 200 unit. Namun, jumlah itu belum terkonfirmasi.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sidoarjo bersama warga melakukan pembersihan sisa-sisa amukan puting beliung di lokasi. Bupati Sidoarjo, Saifullah, juga turun ke lokasi melihat langsung dan menemui warga terdampak di tempat pengungsian.
(Muspri-sisidunia.com)