Home » Travel & Kuliner » Unik, Patung Putri Duyung Palsu Ada di Hull Maritime Museum

Unik, Patung Putri Duyung Palsu Ada di Hull Maritime Museum



Hull – Segala informasi dan sejarah maritim di Inggris terdapat dalam Hull Maritime Museum. Salah satu koleksinya ada yang unik adalah putri duyung palsu.

Unik, Patung Putri Duyung Palsu Ada di Hull Maritime Museum

Patung putri duyung palsu

Hull Maritime Museum berada di pusat Kota Hull, yang berlokasi sekitar 2 jam naik kereta dari London. Kota yang berada di kawasan pesisir ini menggantungkan hidupnya dari sektor maritim. Hal itu sudah berlangsung dari zaman dulu hingga sekarang.

Baca juga : Udon Thani Menjadi Salah Satu Wisata Malam di Thailand

Seperti yang dilansir dari website resmi Hull Maritime Museum, Selasa (14/2/2017) museum ini dulunya merupakan kantor pelayaran sejak tahun 1871. Namun kini, sudah jadi museum yang menyimpan segala informasi dan sejarah maritim dari abad ke-18.

Beberapa miniatur kapal, catatan-catatan pelayaran, senjata hingga tulang-tulang paus dan ikan (yang sudah diawetkan) hasil buruan terpampang rapi. Namun coba perhatikan di salah satu sudut museumnya, di dalam bingkai kaca. Bukan ikan, tapi tertulis ‘mermaid’ alias putri duyung.

Eits belum selesai, tepat di bawah tulisan ‘mermaid’ itu ada sambungannya yakni ‘probably fake’ yang artinya kemungkinan palsu. Jadi putri duyung ini ya palsu!

Jika diperhatikan, bentuk putri duyung palsu di Hull Maritime Museum memang aneh. Jauh dari gambaran putri duyung di dalam film-film, yang cantik dan anggun. Putri duyungnya justru berwarna hitam, mata yang melotot dan tingginya sekitar setengah meter.

Usut punya usut, ternyata itu adalah awetan badan ikan dan dijahit dengan kepala dan tangan monyet. Ada sejarah menarik, ternyata di abad ke-18 dan ke-19 mitos tentang putri duyung sangat populer. Para pelaut yang berlayar hingga Asia dan Amerika pun mendapat perintah untuk menangkap putri duyung.

Namanya juga mitos, tentu belum teruji kebenarannya. Banyak pelaut yang frustasi, sudah berlayar jauh-jauh tapi tetap saja tidak menemukan putri duyung. Akhirnya mereka punya ide, bikin saja putri duyung palsu. Para pelaut lantas menangkap ikan yang berukuran besar, lalu menjahit badannya dengan kepala monyet yang telah diburu.

Putri duyung palsu di Hull Maritime Museum pun merupakan salah satu bukti yang masih tersisa dan dijaga dengan baik. Hull Maritime Museum buka setiap hari dengan tiket masuk gratis. Beralamat lengkap di Little Queen St, Hull HU1 3DX.

Pengunjung atau turis akan geleng-geleng kepala keika melihat putri duyung palsu tersebut. (bens – sisidunia.com)