Home » News » Bom Bunuh Diri Pakistan Menewaskan 13 Orang Dan Melukai 83 Lainnya

Bom Bunuh Diri Pakistan Menewaskan 13 Orang Dan Melukai 83 Lainnya



Lahore – Ledakan bom bunuh diri terjadi di Kota Lahore, Pakistan pada Senin (13/02/2017). 13 orang tewas dan 83 luka-luka dalam kejadian ini.

Bom Bunuh Diri Pakistan Menewaskan 13 Orang Dan Melukai 83 Lainnya

Bom Bunuh Diri Pakistan Menewaskan 13 Orang Dan Melukai 83 Lainnya

Menurut keterangan dari Inspektur Jenderal Polisi wilayah Provinsi Punjab, Mushtaq Sukhera, lima anggota polisi tewas dalam ledakan tersebut. Ledakan ini terjadi di saat terjadinya protes yang dilakukan oleh karyawan manufaktur kimia dan obat-obatan.

“Ini ledakan bom bunuh diri. Pelaku pengeboman meledakkan dirinya ketika negosiasi antara para pendemo dengan pihak yang diprotes berjalan lancar,” ujar Sukhera, seperti dikutip Reuters, Selasa (14/7/2017).

Baca juga : TNI AL Menangkap Kapal Motor Yang Bermuatan Bawang Merah Dan Buah Buahan Ilegal

Kelompok militan Jamaat-ur-Ahrar yang merupakan faksi dari Taliban Pakistan sempat menghubungi Reuters dan mengklaim bertanggungjawab dalam ledakan ini. Selain menewaskan 13 orang, serangan ini juga melukai 83 lainnya.

Pihak Jamaat-ur-Ahrar juga memperingatkan bahwa serangan di Lahore merupakan kampanye kekerasan awal yang akan dilakukan terhadap unsur pemerintah.

“Kalian (pemerintah) menjadi target serangan kami di seluruh negeri,” tegas pernyataan kelompok militan itu.

Ini bukan pertama kalinya Jamaat-ur-Ahrar mengaku melakukan serangan di Lahore. Pada 2016 lalu, kelompok ini mengaku melakukan serangan di Hari Paskah yang menewaskan lebih dari 70 jiwa.

Keamanan di Pakistan terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi kelompok militan seperti Taliban dan Islamic State (ISIS) masih mencoba untuk melakukan ancaman dan melancarakan serangan massal.

Perdana Menteri Nawaz Sharif menegaskan bahwa serangan yang terjadi saat ini tidak akan memperlemah upaya Pakistan untuk melawan militan.

(Bimbim – sisidunia.com)