sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Uang Habis Usai Liburan ? Coba Ikuti Tips Berikut Ini Sebelum Mulai Liburan

Uang Habis Usai Liburan ? Coba Ikuti Tips Berikut Ini Sebelum Mulai Liburan



Jakarta – Ada satu waktu dimana perasaan jenuh dan bosan melanda saat sedang melakukan rutinitas sehari-hari, baik itu bekerja maupun belajar. Tentunya hal tersebut juga dapat mengganggu mood kita sehingga malas untuk melakukannya. Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengembalikan mood adalah melakukan penghiburan diri seperti melakukan perjalanan ke tempat-tempat diluar tempat yang biasa kita kunjungi sehari-hari.

Uang Habis Usai Liburan ? Coba Ikuti Tips Berikut Ini Sebelum Mulai Liburan

Ilustrasi

Ada berbagai cara yang dapat dipilih, mulai dari menjalankan hobi, berolahraga, berkumpul, bersama teman dan keluarga atau melakukan traveling atau liburan.

Dalam mengatur liburan, selain perlu mengatur waktu dan kegiatan, hal lain yang tentu tidak boleh dilupakan adalah mengelola keuangan untuk liburan. Tentunya kita tidak ingin saat setelah berlibur justru malah menjadi pusing karena bingung harus membayar tagihan yang datang.

Jangan pula kita sampai kehabisan dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dikarenakan semua dana yang ada sudah terpakai untuk liburan. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara untuk berlibur dengan bijak sehingga keuangan tetap aman setelah kembali dari liburan. Berikut ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Pandai Mengontrol Biaya dan Batasi Pengeluaran di salah satu bagian
Pilihlah hal-hal yang menjadi prioritas untuk liburan. Misalnya kita menargetkan liburan ke suatu tempat dimana kita bisa menghabiskan waktu untuk berkeliling dan berbelanja barang-barang unik. Kita bisa mencari hotel yang nyaman dan murah sebagai tempat istirahat dikarenakan waktu yang akan kita habiskan nantinya bukan berada di dalam hotel melainkan dihabiskan untuk berkeliling.

Baca juga : Inilah Tips Menggunakan Kartu Kredit Agar Skor di BI Tetap Baik

2. Disiplin dalam Mengatur Anggaran
Ini merupakan salah satu poin yang penting dimana poin ini bisa disiapkan sejak sebelum kita berangkat untuk liburan. Bahkan harus dilakukan sejak kita hendak merencanakan sebuah liburan yang menyenangkan. Buatlah daftar anggaran yang diperlukan selama liburan dengan terperinci, mulai dari biaya transportasi, akomodasi, uang makan dan juga tiket masuk ke tempat wisata. Perencanaan ini agar Anda dapat mengontrol pengeluaran dengan lebih mudah saat berlibur dan tidak menghabiskan uang diluar perencanaan. Selanjutnya, jangan lupa untuk membuat pos tersendiri untuk dana liburan agar tidak mengganggu kebutuhan lain.

3. Carilah Promo dan Harga Murah
Harga barang di tempat wisata umumnya lebih mahal daripada harga barang di pasaran pada umumnya, sehingga dapat menghemat dengan mencari barang di tempat umum daripada d tempat wisata. Misalnya Anda dapat membawa bekal untuk dibawa ke tempat wisata. Atau membeli oleh-oleh di pusat oleh-oleh yang menawarkan pilihan produk lebih banyak. Untuk menghemat anggaran, Anda juga dapat mencari promo baik untuk tiket, akomodasi, maupun tempat makan. Promo yang ditawarkan biasanya lebih mudah ditemui pada low season, namun tetap cermat dalam mengamati promo karena siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan promo meski saat musim puncak liburan.
(Muspri-sisidunia.com)