Home » News » PM Jepang Mengecam Peluncuran Rudal Korut

PM Jepang Mengecam Peluncuran Rudal Korut



Washington – Militer rezim Korea Utara (Korut) yang dipimpin Kim Jong-un telah menembakkan rudal balistik pagi ini (12/2/2017) ke arah Laut Jepang. Manuver Korut itu dipantau militer Korea Selatan.

PM Jepang Mengecam Peluncuran Rudal Korut

Ilustrasi

Sumber-sumber militer Korea Selatan seperti dilaporkan kantor berita Yonhap, belum bisa menentukan jenis rudal balistik yang ditembakkan militer Korut pagi ini. Namun, rudal berbahaya itu diketahui ditembakkan sekitar pukul 07.55 waktu Korea.

Menurut Staf Gabungan Militer Korea Selatan, rudal balistik Korut ditembakkan dari Banghyeon di Pyongan Utara.

”Militer belum bisa menentukan apakah rudal itu adalah (rudal) Musudan, sebuah rudal balistik jarak menengah, (atau bukan),” kata seorang sumber militer Korea Selatan kepada Yonhap.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengecam uji coba rudal balistik yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut). Abe mengatakan uji coba tersebut benar-benar tidak bisa ditolerir dan mendesak Korut mematuhi peraturan internasional.

Baca juga : Rusia Umumkan Rudal Balistik Berhulu Ledak Nuklir Barunya

“Korut harus sepenuhnya mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan,” kata Abe dalam konferensi pers mendadak dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump seperti dikutip dari ITV, Minggu (12/2/2017).

Sementara Presiden AS, Donald Trump, dalam kesempatan itu menyatakan dukungannya kepada Jepang. “Saya hanya ingin semua orang memahami dan sepenuhnya tahu bahwa Amerika Serikat berdiri di belakang Jepang 100%,” katanya.

Manuver Korut juga menyusul peringatan keras dari Kepala Pentagon James Mattis saat berkunjung ke Seoul beberapa waktu lalu. Mattis saat itu menegaskan bahwa setiap peluncuran rudal balistik maupun senjata nuklir yang membahayakan Amerika Serikat dan sekutunya, Korea Selatan, maka Washington akan merespons “secara luar biasa”.
(Muspri-sisidunia.com)