Home » News » Perilisan Ponsel Local Xiaomi Produksinya Di Indonesia

Perilisan Ponsel Local Xiaomi Produksinya Di Indonesia



Jakarta – Perusahaan telepon seluler asal Tiongkok, Xiaomi, meluncurkan telepon pintar terbaru bernama Redmi 4A. Telepon yang sudah berada di jalur 4G itu diproduksi di Indonesia.

Perilisan Ponsel Local Xiaomi Produksinya Di Indonesia

Xiaomi Mi 4a

“Ini ponsel pertama yang produksinya 100% di Indonesia untuk perangkat kerasnya. Kami berharap, melalui produksi lokal, kami dapat memegang peranan penting dalam membangun kemampuan Indonesia untuk mengembangkan teknologi,” sebut Senior Vice President Xiaomi Wang Xiang, di Jakarta, kemarin.

Wang menambahkan, dengan melakukan pemenuhan tingkat komponen lokal, Xiaomi telah memenuhi aturan TKDN dalam nilai atau besaran tingkat produksi komponen perangkat keras maupun perangkat lunak telah memenuhi standar penjualan ponsel pintar 4G.

Menurut dia, untuk memproduksi perangkat ponsel di Indonesia, Xiaomi telah menggandeng PT Erajaya Swasembada Tbk, PT Sat Nusaperdana Tbk, dan TSM Technologies, baik dalam hal distribusi, pabrik perakitan, maupun penyedia-an perangkat-perangkat lainnya.

Untuk merakit ponsel terbaru Xiaomi ini, dipilih pabrik lokal yang berlokasi di Batam yang dinilai merupakan lokasi strategis sebab merupakan bagian dari segitiga ekonomi Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk memasarkan produknya ke pasar ASEAN.

Chief Operating Officer Erajaya Swasembada Djohan Sutanto menambahkan, saat ini terdapat 100 ribu produk Xiaomi yang dapat diproduksi setiap bulannya di dalam tiga line sehingga untuk sementara, kurang lebih 300 ribu produk Xiaomi, termasuk ponsel terbaru ini, bisa diproduksi setiap bulannya.

Djohan mengakui, jumlah tersebut masih di bawah target produksi perusahaan. Sebetulnya perusahaan menargetkan mampu memproduksi hingga 500 ribu produk per bulan sehingga dibutuhkan lima line untuk produksi.

Selain itu, kandungan TKDN pun masih 20% yang terpenuhi. Untuk sisa 10% lagi, Djohan mengatakan akan secara bertahap memenuhi produk-produk terbaru berikutnya.

(bens – sisidunia.com)