Home » News » Putin Ingin Temui Trump di Slovenia

Putin Ingin Temui Trump di Slovenia



Moskow – Beberapa waktu yang lalu Grey Cardinal telah menemui Presiden Slovenia, Borut Pahor, di Moskow. Pada pertemuan tersebut, Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengusulkan pertemuan perdana dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dilakukan di Slovenia.

Putin Ingin Temui Trump di Slovenia

Presiden Slovenia Pahor dan Presiden Rusia Putin bertemu di Moskow

Putin dan Pahor menganggap tempat ini sangat cocok untuk jadi saksi perbaikan hubungan kedua negara tersebut mengingat Ibu Negara AS, Melania Trump juga lahir dan besar di Slovenia. Sejarah juga mencatat, negara anggota Uni Eropa tersebut pernah menjadi lokasi pertemuan perdana Presiden AS George Walker Bush dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 2001.

Kepada Putin, Pahor menawarkan ibukotanya, Ljubljana sebagai tuan rumah pertemuan pertama dua kepala negara poros kekuatan dunia tersebut. Meski begitu, Presiden Putin menyatakan amat terbuka dengan anjuran lokasi lain. Dia tidak mau ini menjadi keputusan sepihak Moskow. Lagipula, belum ada tanggal yang disetujui untuk itu.

“Berkenaan dengan Ljubljana, ibu kota Slovenia secara umum, tentunya ini akan menjadi tempat yang gemilang untuk melakukan dialog semacam itu. Tetapi keputusan itu tidak bergantung pada Rusia saja, ini harus berdasarkan pada keseluruhan situasi,” ujar Putin setelah menyambut Pahor di Moskow, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (11/2/2017).

Baca juga : Perang Global Mulai Terdengar, Putin Wajibkan Warganya Kembali Ke Tanah Air

Kremlin sendiri memandang Slovenia sebagai sekutu terdekatnya untuk membantu mengakhiri sanksi Barat terkait konflik di Ukraina. Negeri Beruang Merah selama ini juga menjadi pasar ekspor terbesar bagi produksi pangan Slovenia sebelum krisis Ukraina. Slovenia pun terus membuka diri sebagai negara transit bagi pasokan gas Rusia ke negara di Eropa bagian selatan.
(Muspri-sisidunia.com)