Home » Techno » Canggih, Tali Ini Bisa Ukur Kadar Alkohol Dalam Darah Pemakainya

Canggih, Tali Ini Bisa Ukur Kadar Alkohol Dalam Darah Pemakainya



Jakarta – Baru-baru ini perusahaan Bactrack menciptakan sebuah tali jam tangan untuk Apple Watch. Tali tersebut diberi nama BACtrack Skyn. Tali BACtrack Skyn untuk Apple Watch ini telah didemonstrasikan pada acara Consumer Electronics Show (CES) 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Canggih, Tali Ini Bisa Ukur Kadar Alkohol Dalam Darah Pemakainya

Perangkat jam tangan pintar Apple Watch

Dilansir dari Phonearena.com, Sabtu (11/02/2017), Kata BAC sendiri didalam nama BACtrack merupakan singkatan dari Blood Alcohol Content atau tingkat konsentrasi alkohol dalam darah.

Artinya, produk ini mampu mengukur atau memantau kadar alkohol dalam darah pemakainya. Pengukuran bahkan dilakukan secara real time, saat itu juga. Untuk memantau kadar alkohol, pengguna tali tersebut tidak memerlukan upaya apapun.

Jika penggunanya dalam keadaan hampir mabuk, alat tersebut akan mengirimkan peringatan pada penggunanya. Alat BACtrack akan memberitahu penggunanya untuk memperlambat asupan alkohol yang mereka konsumsi.

Baca juga : Peneliti Asal California Ciptakan Material Yang Meres Perubahan Temperatur

Bactrack menggunakan sensor pada tali BACtrack Skyn. Sensor ini akan mendeteksi sejumlah kecil kadar alkohol yang dilepaskan tubuh melalui kulit. Dengan menggunakan algoritma khusus, alat ini dapat mengkonversi pengukuran ke perkiraan BAC.

Perusahaan menyatakan bahwa untuk menggunakan tali jam ini, pengguna sebenarnya tidak harus memiliki Apple Watch. BACtrack dapat digunakan sendiri, namun tali ini tetap perlu dikoneksikan dengan ponsel iPhone. iPhone dibutuhkan untuk melihat grafik BAC penggunanya dari waktu ke waktu.

BACtrack Skyn akan ditawarkan dengan harga sekitar US$ 99 atau sekitar Rp 1,3 juta. Kabarnya produk ini akan siap dijual tahun 2017. Namun tak ada informasi waktu lebih detail mengenai waktu penjualannya.
(Muspri-sisidunia.com)