sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Gempa 4,5 SR Guncang Deliserdang, Medan Gempa Terjadi Sebanyak Dua Kali

Gempa 4,5 SR Guncang Deliserdang, Medan Gempa Terjadi Sebanyak Dua Kali



Medan – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika melaporkan terjadi gempa berkekuatan 4,5 Skala Ritcher di Kabupaten Deli Serdang Jumat (10/2/2017), pukul 01.00 WIB. Getaran dirasakan juga di Medan, Tutungan, Binjai dan Berastagi, Sumatera Utara.

 

Gempa 4,5 SR Guncang Deliserdang, Medan Gempa Terjadi Sebanyak Dua Kali

ILUSTRASI – Info Gempa Deliserdang beberapa waktu lalu.

 

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat sekitar 24 kilometer (Km) arah Barat Daya, Medan. Gempa berada di kedalaman 10 km, dan tidak jauh dari kawasan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo. Getaran gempa juga dirasakan warga di Brastagi, Medan dan Tuntungan dengan skala intensitas Mercalli (MMI) di level II-III-IV.

Pusat gempa tersebut terjadi di titik koordinat 3,34 derajat Lintang Utara (LU) dan 98,5 derajat Bujur Timur (BT). Belum ada laporan korban jiwa atas gempa itu.

Baca juga : Lokasi Aksi Damai 112 Pindah Dari Monas Ke Masjid Istiqlal

Sunaryo (45), salah seorang warga di kawasan Setiabudi Medan menyampaikan, gempa dirasakan kuat khususnya warga yang tinggal di rumah bertingkat. “Saat gempa, getarannya menimbulkan suara gemuruh bangunan rumah. Makanya, seluruh warga komplek berhamburan keluar,” ujarnya.

Menurutnya, gempa pertama terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. Setelah itu, masyarakat kembali merasakan gempa susulan. Menjelang pagi, gempa dirasakan lumayan kuat.

Seorang warga di Riangroad, Hermansyah (50) menyampaikan, banyak warga yang takut masuk ke dalam rumah pascakejadian gempa. “Sebagian warga memilih begadang untuk mengantisipasi gempa susulan,” sebutnya.

Sebelumnya, masyarakat di Kabupaten Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut), berhamburan keluar rumah menyusul gempa yang melanda daerah tersebut, Senin (16/1) malam.

Berdasarkan data BMKG, gempa terjadi sebanyak dua kali. Gempa pertama pukul 19.13 WIB dengan kekuatan 3,9 Skala Richter (SR). Kemudian, gempa kedua dirasakan lebih kuat sekitar pukul 19.42 WIB dengan kekuatan sekitar 5,6 SR. Pusat gempa berada di 3.24 Lintang Utara (LU) dan 98.59 Bujur Timur (BT).

Lokasi itu persisnya berada pada 23 kilometer (Km) di Barat Daya Kabupaten Deli Serdang, dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan di Medan I-II MMI (I SIG).

Menurut Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, gempa yang terjadi di Deli Serdang dan dirasakan masyarakat di Medan, tidak berpotensi tsunami.

Sunarto (40) warga Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang mengatakan, masyarakat berhamburan keluar rumah saat gempa. Bahkan, dia mendapatkan informasi dari keluarganya yang tinggal di dekat pantai, masyarakat berlarian menuju jalanan. “Kami yang tinggal di Batang Kuis, dan masih jauh dari kawasan pantai, sangat merasakan getaran gempa. Masyarakat berhamburan ke jalan karena gempa dikhawatirkan berpotensi tsunami,” kata dia.

(Bens – sisiduni.com)