Home » Techno » Salah Satu Pendapatan Terbesar, CEO Pertahankan Ciri Khas Line Bersticker

Salah Satu Pendapatan Terbesar, CEO Pertahankan Ciri Khas Line Bersticker



Jakarta – Managing Director Line Indonesia Ongki Kurniawan menuturkan bahwa stiker berbayar menjadi salah satu penyumbang pendapatan terbesar bagi Line pada kuartal ketiga 2016 lalu.

Salah Satu Pendapatan Terbesar, CEO Pertahankan Ciri Khas Line Bersticker

Sticker Line

“Dari penjualan stickers ini, kontribusi revenue mencapai 20 persen,” ujar Ongki saat berbicara dalam acara Line Business Outlook 2017 di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Line selama ini memang identik dengan stiker atau gambar dengan aneka tema yang bisa dikirimkan ke sesama pengguna. Fitur ini menjadi salah satu aspek terpopuler di kalangan pemakai Line. Tahun lalu saja, jumlah stiker yang dikirimkan oleh para pengguna Line di Indonesia mencapai kisaran 8,6 miliar.

Selain stiker premium yang berbayar, Line juga menyediakan set stiker gratis yang bisa digunakan secara cuma-cuma oleh pengguna. Tahun lalu, ada 35 set stiker gratis yang diluncurkan di Indonesia dan mencatat angka unduhan lebih dari 88,3 juta kali.

Ongki menilai bahwa, selain menjadi ciri khas Line, stiker juga sesuai dengan misi Line menjadi penyedia layanan yang relevan dengan masyarakat lokal. Ini tercermin dari digandengnya kreator dan desainer Indonesia dalam merancang aneka stiker baru. Tema-tema stiker pun sebagian disesuaikan dengan topik yang hangat di kalangan netizen Tanah Air.

Baca juga : Ini Lho Aplikasi Paling Banyak Sedot Paket Data. Yuk Simak !

“Sukses awal Line itu awalnya memang berasal dari strategi sebagai locally relevant app. Waktu kita luncurkan stiker Syahrini dan Ramadan, misalnya, itu pengguna responsif sekali. Jadi, kami lanjutkan sampai sekarang,” imbuh Ongki.

Ke depan, Line ingin terus menggandeng para kreator lokal dalam menyediakan aneka konten di layanannya. Pada November 2016 lalu, perusahaan pesan instan yang berbasis di Jepang ini turut menggelar event bernama Line Creativate 2016 sebagai ajang kompetisi para kreator dalam membikin stiker, kartun (Line Webtoon), dan games. Rencananya kompetisi serupa akan kembali digelar tahun ini.

Line juga turut menyediakan Creators Market sebagai wadah bagi para kreator dan pengguna untuk membuat dan menjual hasil karya mereka, baik dalam bentuk stiker maupun tema. Karya yang dijual bisa dilihat oleh para pengguna Line di seluruh dunia. Saat ini terdapat sekitar 3.800 ribu stiker buatan kreator Indonesia yang dipajang di Line Creators Market.
(Muspri-sisidunia.com)