Home » News » PM Irak Klaim Ketahui Lokasi Bos Besar ISIS

PM Irak Klaim Ketahui Lokasi Bos Besar ISIS



Irak – Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengakui mengetahui tempat bersembunyi pemimpin kelompok militan Islamic State (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi, yang disebutnya bersembunyi seorang diri di lokasi persembunyian yang sedang diawasi ketat.

PM Irak Klaim Ketahui Lokasi Bos Besar ISIS

Bos Besar ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi

Al-Abadi, yang biasanya tidak pernah membicarakan mengenai Baghdadi, mengatakan kepada saluran televisi France24 TV bahwa Baghdadi hanya memiliki beberapa ajudan lagi setelah banyak petinggi ISIS yang tewas dalam serangan udara koalisi.

“Dia hampir benar-benar sendirian saat ini. Dia tidak punya banyak orang yang bisa dia percaya. Dia berada dalam isolasi. Kami sedang mengawasi pergerakannya,” ucap al-Abadi, seperti dikutip Telegraph, Selasa (7/2/2017).

“Komunikasinya dengan teroris lainnya sangat minim. Bahkan mungkin hampir tidak ada,” sambungnya.

Baca juga : Petinggi ISIS Perintahkan Militan Asing Pulang Atau Mati Disambut 72 Bidadari

Ketika ditanya apakah Baghdadi ada di kota Mosul, markas besar ISIS di Irak, PM Abadi hanya tersenyum dan tak menjawab.

Hingga kini memang terdapat berbagai spekulasi mengenai keberadaan Baghdadi. Sejumlah pejabat Irak pernah mengindikasikan bahwa Baghdadi selalu bergerak dari wilayah kekuasaannya di barat daya ke timur laut negeri.

Pihak berwenang Irak meyakini operasi merebut kembali Mosul telah membatasi ruang gerak Baghdadi.

Dilaporkan, Baghdadi pernah terluka parah dalam beberapa kejadian, namun tidak ada yang bisa sunguh-sungguh dikonfirmasi.

Tanggal 16 Desember 2016 lalu, AS menaikkan uang hadiah dari USD10 juta menjadi USD25 juta sebagai imbalan untuk informasi terkait Baghdadi yang bisa berujung pada penangkapannya.
(Muspri-sisiduni.com)