Home » Hiburan » Angkat Tema Perempuan Poliandris, Seno Gumira Ajidarma Rilis Novel Berjudul Drupadi

Angkat Tema Perempuan Poliandris, Seno Gumira Ajidarma Rilis Novel Berjudul Drupadi



Jakarta – Sastrawan Seno Gumira Ajidarma menerbitkan novel perempuan poliandris yang berjudul ‘Drupadi’ di Dia.Lo.Gue Artspace, Jakarta Selatan, pada Rabu (8/2/2017) kemarin. Drupadi merupakan salah satu tokoh wiracarita dalam Mahabarata yang ceritanya masih di tulis ke berbagai bentuk.

Angkat Tema Perempuan Poliandris, Seno Gumira Ajidarma Rilis Novel Berjudul Drupadi

Seno Gumira Ajidarma dalam perilisan novel Drupadi

Di peluncuran bukunya, Seno menceritakan menulis cerita Drupadi pertama kali di Majalah Mingguan Zaman sepanjang 1983-1984. ‘Perempuan Poliandris’ sendiri yang terdapat pada sub-judulnya mengisahkan Drupadi yang menjadi istri para Pandawa Lima yang ditulis dari fase kelahiran, perjalanan hidup, cinta, hingga meninggal dunia.

Bab 1 sampai 4 dimuat bersambung dari edisi 14 Januari hingga 11 Februari 1984. Lanjutan ceritanya pun tersebar ke berbagai media cerita sebagai cerita pendek sampai tahun 2014 silam.

“Ketika saya melihat gambar Danarto yang menggambar karakter pewayangan dengan bebasnya. Saya berpikir untuk menuliskan cerita pewayangan dengan sebebasnya, versi saya, ada yang keluar pakem dan ada yang tidak,” ujarnya di hadapan pembaca yang hadir di Dia.Lo.Gue Artspace.

Seno menceritakan karakter Drupadi sebagai sosok perempuan yang membela hak asasi atas represi kekuasaan. Selain itu, menariknya Pancawala sebagai anak Drupadi dari kelima ayahnya, tanpa tahu siapa ayah biologis Pancawala juga diceritakan.

Baca juga : Filosofi Kopi Nongkrong Di Box Office

“Drupadi diceritakan tetap poliandris berbeda dengan versi Jawa Baru, di mana Pancawala adalah anak Drupadi dari suaminya Yudhistira,” lanjut Seno.

Novel ‘Drupadi’ setebal 160 halaman ini diilustrasikan oleh Danarto pada desain sampulnya, dimana Danarto adalah penulis dan pelukis yang diidolakan oleh Seno. Danarto juga yang menggagas judul-judul bab 1 sampai 4 dalam buku ini.

Saat ini novel ‘Drupadi’ sudah tersebar di seluruh toko buku di Indonesia mulai bulan Januari lalu. Drupadi’ terbitan Gramedia Pustaka Utama dihargai Rp 65 ribu.
(Muspri-sisidunia.com)