sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Sudah Talangi Proyek Jabodetabek Rp 2 Triliun, Adhi Karya Minta Kejelasan Skema Pembiayaan Pemerintah

Sudah Talangi Proyek Jabodetabek Rp 2 Triliun, Adhi Karya Minta Kejelasan Skema Pembiayaan Pemerintah



Jakarta – Proyek transportasi kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta – Bogor – Depok – Bekasi (Jabodebek) sudah berjalan, dan dilaksanakan oleh PT Adhi Karya Tbk. Namun skema pembiayaan dari pemerintah belum jelas, dan kontrak proyek dengan pemerintah belum diteken.

Sudah Talangi Proyek Jabodetabek Rp 2 Triliun, Adhi Karya Minta Kejelasan Skema Pembiayaan Pemerintah

Proyek Adhi Karya

Selama ini, proyek senilai Rp 23 triliun tersebut sudah ditalangi oleh Adhi Karya sebesar Rp 2 triliun. Harus ada kepastian skema pembiayaan, karena Adhi Karya tidak sanggup menanggung semua. Kabar terakhir, APBN tidak cukup untuk membiayan proyek ini.

“(Adhi Karya menalangi) Kurang lebih itu sekitar Rp 2 triliun,” ungkap Corporate Secretary Adhi Karya, Ki Syahgolang Permata, dilansir dari detikFinance, Selasa (7/2/2019).

Syahgolang mengungkapkan, dana Rp 2 triliun tersebut diperoleh dari Penyertaan Modal Negara (PMN) yang didapat pada tahun 2015 lalu sebesar Rp 1,4 triliun, serta dana hasil pinjaman.

“Dana sebesar sekitar Rp 2 triliun tersebut berasal dari penggunaan dana PMN dan pinjaman perbankan,” terang dia.

Baca juga : Walikota Padang Tak Berikan Ijin Keberadaan Minimarket di Wilayahnya

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dana tersebut telah digunakan Adhi Karya untuk pembangunan sepanjang jalur LRT di rute Cibubur – Cawang, dan rute Cawang – Bekasi Timur yang sedang dikerjakan.

“Pokoknya dari dana yang sudah digunakan untuk pembangunan LRT dari Cibubur – Cawang, dan Cawang – Bekasi Timur diperkirakan sebesar Rp 2 triliun,” kata dia.

Pembangunan LRT dibagi menjadi dua tahap dengan masing-masing tahapan terdiri dari tiga lintas pelayanan, yakni tahap pertama meliputi lintas layanan Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas. Adapun tahap dua lintas pelayanan Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, dan Palmerah-Grogol.
(Muspri-sisidunia.com)