Home » News » Jumlah Pemilih Membengkak, KIP Aceh Kekurangan Surat Suara

Jumlah Pemilih Membengkak, KIP Aceh Kekurangan Surat Suara



Banda Aceh – Jumlah pemilih dalam Pilkada Aceh dipastikan membengkak melebihi daftar pemilih tetap (DPT) yang tercatat 3,4 juta orang. Kekurangan surat suara pun tak terelakkan.

Jumlah Pemilih Membengkak, KIP Aceh Kekurangan Surat Suara

Ilustrasi

Di Kota Banda Aceh, kekurangan surat suara mencapai lebih dari 5.000. Kota ini memiliki 150.608 pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT). Mereka tersebar di 415 TPS.

“Setelah dilakukan penghitungan kembali, jumlah surat suara tidak mencukupi sehingga harus dicetak ulang,” ucap Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh, Munawar Syah, kemarin.

Di Kabupaten Aceh Barat, terjadi kekurangan 2.000 surat suara. Hal itu termasuk warga yang tidak tercantum di DPT berdasarkan laporan yang masuk dari salah satu tim sukses pasangan calon.

“Ketersediaan surat suara tambahan hanya 2,5% per masing-masing TPS atau sekitar 3.000 lembar lebih. Sementara, jumlah penambahan pemilih diperkirakan mencapai 6.000 orang sesuai laporan yang diterima,” kata Ketua KIP Aceh Barat, Bahagia Idris.

Dia khawatir jika pemilih yang sudah legal secara administrasi itu datang ke TPS dengan tingkat partisipasi pemilih mencapai 100%, sudah pasti banyak masyarakat Aceh Barat tidak bisa menggunakan hak pilih mereka.

KIP Kota Langsa juga ke-kurangan sekitar 1.175 surat suara. Komisioner KIP Kota Langsa Divisi Keuangan dan Logistik, Ngatiman menuturkan, kekurangan ini telah dilaporkan ke KIP Aceh.

Baca juga : KPK Membuka Loket Penyerahan LHKPN Jelang Pilkada Serentak 2017

“Untuk surat suara calon gubernur dan wakil gubernur dan calon wali kota/wakil wali kota Langsa juga sudah di-minta kembali ke perusahaan percetakan,” katanya. Dari laporan yang sudah masuk, KIP Aceh mencatat sedikitnya 7.824 surat suara pilkada Aceh rusak.

“Hal itu diketahui saat proses penyortiran dan pelipatan yang dilakukan di 22 kabupaten dan kota,” ungkap Wakil Ketua KIP Aceh, Basri M Sabi.

Selain mencetak ulang surat suara yang rusak dan kurang, KIP Aceh akan menyediakan surat suara cadangan 2,5% dari DPT di wilayah masing-masing. Setidaknya 2.000 lembar suara akan disediakan di setiap kantor KIP kabupaten/kota atau provinsi.

Sesuai DPT, pemilih dalam Pilkada Aceh berjumlah 3,4 juta yang tersebar di 6.477 gampong (desa) . Mereka akan memberikan suaranya pada 9.592 TPS. Jika dibandingkan data daftar pemilih sementara (DPS) yang telah diplenokan pada 3 November 2016, terjadi pengurangan 41.702 pemilih.

Aceh merupakan salah satu provinsi terbanyak dalam pilkada serentak pada 15 Februari 2017.
(Muspri-sisidunia.com)