sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Ingin Terlihat Awet Muda ? Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung

Ingin Terlihat Awet Muda ? Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung



Jakarta – Apa pemicu penuaan kulit di usia dini? Menurut penelitian, paparan sinar matahari berlebihan merupakan salah satu penyebab terbesar yang membuat kesegaran kulit Anda memudar.

Ingin Terlihat Awet Muda ? Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung

Ilustrasi

Sinar ultraviolet (UV) A dan B pada cahaya matahari terbukti mempercepat kerusakan kulit. Sinar tersebut merusak struktur kolagen dan elastin yang menentukan kekenyalan dan kekencangan kulit, juga memicu timbulnya flek. Tak hanya itu, paparan sinar matahari berlebih juga menjadi salah satu faktor risiko kanker kulit.

“Sebuah penelitian menggunakan kamera berfilter ultraviolet menunjukkan sinar matahari benar-benar berdampak buruk bagi kulit,” terang dokter spesialis kulit Siti Chaerunnisa pada talkshow yang diselenggarakan Wardah Cosmetic di pergelaran Indonesia Fashion Week di JCC, Jakarta, Sabtu (4/2).

Baca juga : 6 Makanan Ini Dapat Cegah Penuaan Dini

“Ada juga pengamatan terhadap sopir bus antarnegara bagian di Amerika. Sisi kiri wajahnya yang saat menyetir lebih sering terkena cahaya matahari tampak lebih melorot, lebih banyak kerutan, dan lebih banyak flek,” lanjut Siti.

Karena itu, lanjutnya, penggunaan tabir surya menjadi rutinitas yang wajib dilakukan setiap hari. Ia menyarankan menggunakan tabir surya yang memiliki kandungan sun protection factor (SPF) dan PA untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV A dan B.

“Yang perlu diperhatikan, pemakaian tabir surya harus diulang secara berkala. Jika banyak aktivitas di luar ruangan, ulang aplikasi setiap 2-3 jam sekali. Kalau lebih banyak di dalam ruangan, ulang setiap 4-6 jam sekali,” kata Siti.
(Muspri-sisidunia.com)