sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Tradisi Jepang, Wanita Wajib Memberi Coklat Pada Rekan Kerja Pria di Hari Valentine

Tradisi Jepang, Wanita Wajib Memberi Coklat Pada Rekan Kerja Pria di Hari Valentine



Jakarta – Di hari Valentine wanita Jepang wajib memberi ‘giri choco’ pada rekan prianya, terutama rekan sekantor. Untuk apa ya?

Tradisi Jepang, Wanita Wajib Memberi Coklat Pada Rekan Kerja Pria di Hari Valentine

Ilustrasi

Di berbagai negera termasuk Jepang, hari Valentine identik dengan cokelat. Juga berkaitan dengan cinta dan romantisme hubungan pria dan wanita. Karena itu beragam cokelat dijual di Jepang jelang hari Valentine.

Namun, sebagian besar cokelat yang dibeli dan diberikan pada Hari Valentine dikenal dengan nama giri choco atau secara harfiah ‘cokelat wajib’. Giri choco ini tidak membawa arti cinta romantis. Cokelat ini adalah cokelat yang diberikan wanita Jepang pada rekan kerja prianya sebagai bentuk kesopanan dan ramah-tamah sosial.

Dilaporkan oleh rocketnews (31/1/17), divisi korporasi multinasional Jepang, 3M, baru-baru ini melakukan jajak pendapat terhadap wanita Jepang tentang rencana mereka memberikan giri choco.

Survei menemukan, dari 450 responden, 39,9% berencana memberi giri choco pada rekan kerjanya Februari ini. Saat ditanya mengapa? Sebanyak 59,2% mengatakan mereka melakukanya untuk menunjukkan rasa terimakasih atas pertolongan dan dukungan yang mereka terima dari rekan kerja pria selama setahun.

Sedangkan 44,7% responden mengatakan mereka merasa giri choco membantu melancarkan komunikasi di tempat kerja. Dan 18,4% melakukannya sebagai keinginan sederhana untuk membuat si penerima senang.

Kemudian alasan terakhir, 7,8% responden memberi giri choco tahun ini karena mereka dulu adalah teman kerja di kantor. Memberi cokelat dinilai sebagai alasan paling tidak canggung.

Baca juga : Udon Thani Menjadi Salah Satu Wisata Malam di Thailand

Terlepas dari berbagai alasan pemberian, giri choco, rata-rata tidak terlalu mahal. 59,2% responden mengatakan mereka akan menghabiskan kurang dari 500 yen (Rp. 59.000) per orang yang akan diberikan hadiah. 34,1% lainnya mengalokasi pengeluaran antara 501 – 1000 (Rp.60.000-Rp.120.000) yen per hadiah.

Pemberian giri choco biasanya dilakukan di kantor. Namun wanita tidak selalu diharapkan memberi semua karyawan pria cokelat. Hadiah biasanya terbatas hanya untuk rekan satu tim atau divisi.

Sebanyak 68,2% responden akan membeli giri choco 1-5 buah dan hanya 12,8% responden yang akan memberikan cokelat manis ini ke lebih dari 10 rekan kerja pria. Dari angka-angka diatas, disimpulkan, banyak wanita akan menghabiskan 2500 yen (Rp297.000) atau kurang untuk acara pemberian giri choco. Sebuah pengeluaran yang tidak terlalu besar.

Semoga rekan kerja pria mereka akan mengingat pemberian cokelat hari Valentine dan membalasnya 1 bulan kemudian pada Wihte Day.
(Muspri-sisidunia.com)