Home » Sport » Diduga Terlibat Kasus Tabrak Lari, Dennis Rodman Dijatuhi Hukuman Kerja Sosial

Diduga Terlibat Kasus Tabrak Lari, Dennis Rodman Dijatuhi Hukuman Kerja Sosial



Jakarta – Mantan bintang liga bola basket profesional Amerika Serikat (NBA), Dennis Rodman dijatuhi hukuman “community service” (kerja sosial). Hukuman ini dijatuhkaan dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Tinggi Orange County, Senin atau Selasa (7/2/2017) WIB.

Diduga Terlibat Kasus Tabrak Lari, Dennis Rodman Dijatuhi Hukuman Kerja Sosial

Dennis Rodman

Pemegang lima cincin juara NBA yang terkenal eksentrik ini terlibat kasus tabrak lari.

Peristiwa itu terjadi saat mobil yang dikendarainya melawan arah di jalur bebas hambatan di selatan California, 20 Juli tahun lalu.

Seperti yang diberitakan, Rodman sedang mengemudikan sebuah sports utility vehicle (SUV), meleewati jalan saat dinihari. Hari masih gelap ketika Rodman membelokkan mobilnya ke jalur jalan di Interstate 5 di Santa Ana.

Baca juga : Sebelum Bertanding di MotoGP, Lorenzo Punya Ritual Khusus

Mobil yang dikemudikan mantan atlet berusia 55 tahun itu kemudian menuju ke sebuah BMW hitam yang melaju dari arah berlawanan.

Kondisi itu memaksa pengemudi BMW membanting stir hingga menghantam dinding pembatas jalan.  Tanpa berpikir panjang dan peduli dengan nasib sopir BMW, Rodman langsung melaju meninggalkan lokasi kecelakaan, sebelum polisi tiba di sana.

Rodman tak datang dalam sidang vonis yang hari ini. Namun sebelumnya, dia telah mengakui kelalaiannya mengendarai mobil melawan arah, memberikan informasi palsu kepada polisi, dan mengemudi tanpa lisensi.

Sementara, tuduhan tabrak lari yang mengakibatkan kerusakan properti tak terbukti, menyusul pembelaan yang disampaikan kuasa hukum Rodman.

Aduan tentang laporan palsu disampaikan oleh pihak Kepolisian Lalulintas California.

“Ada sambungan telepon singkat yang menanyai Rodman tentang insiden itu, namun dia menjawab, ‘saya sedang di gym’, dan mereka mengatakan, ‘tidak, anda tidak berada di gym’,” ungkap pengacara Rodman, Paul Meyer yang berupaya meluruskan kesalahpahaman.

“Kami menyambut baik peninjauan yang jeli dari jaksa distrik atas kasus ini, sehingga pengadilan bisa mengambil putusan yang tepat demi penyelesaian masalah ini,” sambung Meyer.

“Kesalahan mengemudi saat hari gelap adalah akibat kurangnya rambu di jalan,” kata dia lagi.

Rodman pun dihukum menjalani masa percobaan informal selama tiga tahun, dan wajib memenuhi kerja sosial selama 30 jam. Tim pengacara Rodman mengaku, kliennya memilih memberikan layanan sosial dengan mengunjungi rumah sakit.

Selain itu, Rodman pun diperintahkan untuk membayar denda dan donasi sebesar 500 dollar AS untuk pendanaan the Victim Witness Emergency Fund.

Selama ini, Rodman dikenal dengan koleksi tato dan tindikan yang memenuhi bagian tubuhnya, juga warna dan model rambut yang berganti-ganti.

Selama 14 tahun karirnya di NBA, Rodman mengoleksi lima cincin juara, yakni pada tahun 1989 dan 1990 bersama Detroit Pistons, dan 1996-1998, bersama Michael Jordan di Chicago Bulls.

Rodman pernah menjadi ikon untuk promosi situs judi dan vodka, yang didukung oleh Donald Trump yang saat ini menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. (bens – sisidunia.com)