Home » News » 7 Kali Erupsi, Gunung Snabing Keluarkan Abu Vulkanik dan Lava Pijar

7 Kali Erupsi, Gunung Snabing Keluarkan Abu Vulkanik dan Lava Pijar



Karo – Kali ini Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi pada pukul 20.06 WIB usai erupsi sebanyak tujuh kali pada Minggu (5/2/2017) sejak pukul 00.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

7 Kali Erupsi, Gunung Snabing Keluarkan Abu Vulkanik dan Lava Pijar

Gunung Sinabung erupsi

Petugas Pengamat Pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Sinabung, Deri Alhidayah, mengatakan erupsi kali ini tinggi kolom abu vulkanik setinggi 2.500 meter, disertai guguran lava pijar.

Baca juga : Wisatawan Amerika Serikat Tewas Terperosok Got Akibat Mabuk Berat

“Getarannya ada tapi kecil, karena setiap erupsi pasti ada getaran,” kata Deri saat dihubungi, Minggu (5/2/2017) malam.

Deri menjelaskan, guguran lava pijar kali ini mengarah sejauh 1.000 meter ke selatan dan juga 1.000 meter ke tenggara. Untuk wilayah selatan mengarah ke Desa Guru Kinayan dan Suka meriah, sedangkan tenggara mengarah ke Desa Bekerah dan Simacem.

Erupsi dengan keluarnya lava pijar, lanjut Deri, menunjukkan aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi, karena kandungan gas di dalam Sinabung juga masih tinggi. Hal tersebut menunjukkan masih akan terjadi letusan-letusan selanjutnya.

“Gunung Sinabung seperti saat ini menunjukkan belum bisa diprediksi sampai kapan akan terus erupsi, karena aktivitas gempa juga masih tinggi,” kata dia.

Deri menuturkan, selama Minggu telah terjadi sebanyak 59 kali gempa guguran lava. Jumlah tersebut terhitung sejak pukul 00.00 WIB sampai 18.00 WIB, sementara data keseluruhan belum bisa dipastikan.

“Tetapi sejak pukul 18.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB ada tambahan sekitar 12 gempa guguran lava, yang paling besar jam 20.06 WIB tadi. Dari pantauan di pos terlihat lava pijar keluar dari Sinabung,” kata dia.

(bens – sisidunia.com)