Home » Gaya Hidup » Hindari Lutut Cedera, Begini Cara Memilih Sepatu Olahraga Yang Benar

Hindari Lutut Cedera, Begini Cara Memilih Sepatu Olahraga Yang Benar



Jakarta – Osteoartritis adalah penyakit sendi degeneratif yang paling sering terjadi di lutut, pinggul, leher, sendi di jari tangan, dan basis di jempol dari jari-jari kaki yang besar. Menurut survei, sendi yang paling sering terserang osteoartritis adalah lutut.

Hindari Lutut Cedera, Begini Cara Memilih Sepatu Olahraga Yang Benar

Ilustrasi

Tidak ada pengobatan yang bisa menyembuhkan osteoartritis, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakitnya dan meningkatkan fungsi lutut Anda. Salah satunya adalah berolahraga untuk meningkatkan kekuatan otot, mengurangi rasa sakit pada sendi, dan menurunkan risiko para penderita osteoartritis menjadi disabilitas.

Untuk berolahraga, tentu saja Anda membutuhkan sepatu olahraga. Tapi, bagi penderita osteoartritis tentu saja harus memilih sepatu olahraga yang tepat agar masalah di lutut tak semakin parah. Namun, saat memilih sepatu olahraga, Anda pun perlu memerhatikan hal-hal berikut:

1. Bantalan yang empuk

Sepatu dengan bantalan yang empuk dapat membantu Anda mengurangi tekanan pada lutut ketika Anda berlari atau berjalan. Sepatu dengan bantalan yang empuk mengambil alih tekanan ketika kaki Anda menginjak lantai, sehingga tekanan yang sampai ke lutut lebih sedikit. Sepatu dengan bantalan yang empuk ini juga dapat membantu mengurangi dampak tekanan dari berjalan di tempat yang keras atau berdiri dalam jangka waktu yang lama di lantai yang keras.

Baca juga : Keterbatasan Bergerak, Ini Tips Olahraga Aman Bagi Penderita Stroke

2. Ukuran yang tepat
Terkadang, memang susah untuk mendapat sepatu yang benar-benar pas untuk ukuran kaki Anda. Pastikan Ada ruang di antara jari-jari kaki Anda. Kalau sepatu Anda terlalu kesempitan, maka bisa membuat kaki Anda tidak nyaman.

3. Bermodel sepatu tali
Ternyata, sepatu tali bukan hanya sekadar model, tapi berperan penting dalam kenyamanan sepatu Anda. Mengikat tali sepatu Anda dengan benar dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit, tekanan di luar kaki, dan risiko cidera. Jika diikat dengan benar, gesekan antara kaki dan sepatu Anda akan berkurang, yang artinya melindungi kaki Anda dari lecet-lecet.
(Muspri-sisidunia.com)