Home » Techno » Peneliti Asal California Ciptakan Material Yang Meres Perubahan Temperatur

Peneliti Asal California Ciptakan Material Yang Meres Perubahan Temperatur



Jakarta – Peneliti dari Caltech University California telah menciptakan sebuah material yang berfungsi merespons perubahan temperatur di laboratorium. Peneliti ini kemudian membuat permukaan yang sangat tipis dari sebuah kulit palsu yang bisa digunakan untuk mengukur perubahan temperatur.

Peneliti Asal  California Ciptakan Material Yang Meres Perubahan Temperatur

Gambar ilustrasi

Mekanisme kulit ini sangat sensitif jika berada di luar organ. Selain itu, kulit ini juga berpotensi dipakai memperkenalkan kembali temperatur pasca-dilakukannya amputasi.

Baca juga : Keren, Sensor Jari Tangan Dapat Dialirkan Melalui Tubuh

Ketua Tim, Chiara Daraio, menuturkan bahwa Pektin yang merupakan material dalam pembuatan kulit palsu ini banyak digunakan di industri makanan.

“Jadi sangat mudah untuk diperoleh dan juga sangat murah,” ujarnya seperti dinukil dari lama Tech2, Kamis (2/2/2017).

Kulit buatan ini diciptakan untuk memperbaiki kulit elektronik yang sensitif terhadap panas. Saat ini, kuliat tersebut bisa mengukur sendiri perubahan temperatur.

Sekarang, kulit yang sensitif bisa mengukur suhu antara 5 sampai 45 derajat Celcius. Para peneliti ini berusaha untuk bisa meningkatkan temperatur di atas 90 derajat Celcius, agar memungkinkan kulit tersebut digunakan oleh industri. (bens – sisidunia.com)